Gelapkan Pajak, Seorang Pengusaha Diseret ke Pengadilan Kantor Ditjen Pajak di Jl Jend Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (5/4). (MerahPutih/Venansius Fortunatus)

MerahPutih.Com - Lebih dari dua tahun tidak membayar pajak, seorang pengusaha di Semarang diseret ke pengadilan. Theng Hong Sioe diadili karena menggelapkan pajak sebesar Rp 2,4 miliar.

Jaksa Penuntut Umum Endeono Wahyudi menuduh Direktur Utama CV Sumber Alam Sakti itu tidak memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Dalam sidang di Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah, Endeono Wahyudi menyatakan pimpinan perusahaan penyedia jasa ekspor tersebut tidak melaksanakan kewajibannya membayar pajak sejak periode 2007 hingga 2009.

Jaksa mendakwa terdakwa dengan Undang-undang Nomor 16 tahun 2000 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan.

Endeono Wahyudi sebagaimana dilansir Antara Kamis (19/10) menjelaskan CV Sumber Alam Sakti sudah ditetapkan pemerintah sebagai pengusaha kena pajak sejak 2001.

Namun selama periode 2007 hingga 2009, lanjut dia, terdakwa tidak pernah melaporkan SPT tahunan tentang PPh dan PPN atas bidang usaha yang dijalankannya itu ke Direktorat Jenderal Pajak.

"Terdakwa juga tidak pernah melaporkan penghapusan utang sebesar Rp 10 miliar oleh bank yang menjadi salah satu acuan penentuan besaran pajak yang harus dibayarkan," katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Sutarwadi itu.

Terdakwa juga diketahui tidak pernah melaporkan besaran penghasilan yang diperolehnya selama periode itu dari usaha yang dijalankannya.

Akibat perbuatan terdakwa, negara dirugikan sebesar Rp 2,4 miliar akibat pemasukan dari pajak yang tidak disetor.

Atas dakwaan tersebut, terdakwa menyatakan tidak akan memberikan tanggapan. Sidang perkara tersebut akan kembali digelar pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH