Gejolak RUU HIP Buat Rieke Diah Pitaloka Ditendang dari Baleg DPR Anggota DPR dari PDIP Rieke Diah Pitaloka. (MP/Fachrddin Chalik)

MerahPutih.com - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka diberhentikan dari posisi pimpinan badan legislasi DPR. Selanjutnya beredar nama anggota Fraksi PDI Perjuangan lainnya yang disebut-sebut bakal menggantikan Rieke.

Menurut analisa Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie pemberhentian Rieke yang juga menjabat Ketua Panitia Kerja RUU Haluan Ideologi Pancasila ada kaitan erat dengan gejolak dalam perjalanan RUU itu di DPR.

Baca Juga

PKS Tegas Minta Pembahasan RUU HIP Dibatalkan, Syaratnya....

“Ini cenderung ke RUU HIP dimana Rieke sebagai ketuanya. Saya nilai PDIP perlahan-lahan mundur dari hasratnya. Lantaran ditolak tokoh agama, ormas dan juga masyarakat. Kalau dilanjutkan pasti gaduh,” kata Jerry kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/6).

Perkembangan ini, menurut Jerry, bisa saja bermakna PDI Perjuangan mengambil langkah mundur dari usulan terkait RUU HIP. Reaksi keras berbagai kelompok masyarakat untuk menentang RUU HIP dinilai Jerry telah menggoyahkan PDI Perjuangan untuk terus mendukung RUU HIP.

“Goyah juga dengan under preasure tekanan massa. Lantaran partai lain bakal tarik diri. Nah ini time bomb (bom waktu) bagi PDIP. Memang saya sempat usulkan di webinar juga harus Rieke diganti biar RUU HIP berhenti,” katanya.

Jerry memprediksi sikap tersebut berkaitan dengan kepentingan partai menjaga suara mereka di pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

“Ini hanya sign atau tanda mereka akan mundur dari rencana semula,” kata Jerry.

Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka usai menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya di Gedung Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (12/9). (MP/Fadhli)

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Hendrawan Supratikno kepada wartawan mengatakan penggantian Rieke merupakan rotasi biasa.

“Saya dengar hal yang sama (pergantian Rieke dari pimpinan Baleg DPR). Bisa dicek kepada pimpinan Baleg DPR atau pimpinan Fraksi PDIP DPR,” kata Hendrawan.

Hendrawan mencontohkan dirinya dulu pernah dirotasi dari anggota Badan Akuntabilitas Keuangan Negara menjadi anggota baleg.

Anggota Komisi XI DPR itu mengonfirmasi anggota Komisi III DPR dari PDI Perjuangan Nurdin yang akan menggantikan posisi Rieke di pimpinan baleg.

“Saya mendengar nama yang sama (Nurdin sebagai pengganti Rieke jadi pimpinan Baleg DPR RI),” ujarnya.

Fraksi PDIP DPR RI melakukan rotasi jabatan pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD), yakni mengganti Rieke Diah Pitaloka selaku Wakil Ketua Baleg DPR.

"Ini rotasi biasa," kata anggota Baleg dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan saat dimintai konfirmasi, Rabu (8/7).

Arteria menjawab pertanyaan apakah Fraksi PDIP mencopot Rieke sebagai Wakil Ketua Baleg. Namun, Arteria tidak menjelaskan alasan rotasi tersebut. Dia meminta mengenai rotasi tersebut ditanyakan langsung ke pimpinan Fraksi PDIP.

"Untuk lebih jelasnya bisa ke pimpinan fraksi, bisa Mas Utut (Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto) atau Mas Pacul (Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto)," sebut Arteria.

Baca Juga

Sekjen PDIP Sebut RUU HIP tak Sesuai Jati Diri Bangsa

Pergantian Rieke dilakukan setelah polemik RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) muncul. RUU HIP tersebut diketahui merupakan usulan DPR.

Pembahasan RUU tersebut memang dilakukan di Baleg DPR. Namun, karena banyak kritik dari masyarakat, akhirnya pemerintah memutuskan menunda pembahasan RUU tersebut. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH