Kuproy tak Necis, tapi Eksis Kuproy di Negeri Aing memiliki gegayaan yang cukup unik (Foto: instagram @jasatukang_rumah)

KUPROY alias kuli proyek adalah sosok yang eksis di negeri aing. Karena tanpa kuproy, tak akan ada rumah spek 'dewa' hingga gedung-gedung pencakar langit.

Namun, di balik jasa mereka yang sangat banyak dalam membuat berbagai infrastruktur, para kuproy punya gaya.

Baca Juga:

'Realita Cinta dan Rock'n Roll' Inspirasi Fesyen Anak Muda 'Rebel'

Dari sisi tampilan, bagi kuproy, necis bukan pilihan. Kaus partai yang dibagikan gratisan justru jadi kunci. 'Jika baju partai sudah kupakai, rumah impian akan tercapai'. Demikian kira-kira kata-kata yang menggambarkan isi hati para kuproy.

Baju partai menjadi 'OOTD' kuproy saat bekerja (nguli) (Foto: istimewa)

Satu tanda tanya besar tentang kaus partai milik para kuproy ini. Meski sudah tidak berada di musim pemilu, para kuproy selalu memiliki baju partai. Misteri sekali deh dari mana mereka mendapatkannya. Mungkin nih, mungkin, para kuproy ini mengoleksi berbagai kaus partai ketika musim pemilu 5-10 tahun yang lalu.

Baju partai dipilih sebagai 'OOTD' nguli bukan tanpa alasan. Selain didapat gratisan, kaus partai umumnya berbahan super tipis. Itu bisa membuat mereka tetap adem dan kalem menjalani kerasnya kehidupan menjadi kuproy.

Selain kaus, celana yang dikenakan para kuproy juga cukup khas. Biasanya, mereka pakai celana jeans pensil sobek-sobek yang warnanya sudah luntur terkena hujan badai dan panas terik matahari selama bertahun-tahun. Entah mengapa celana model tersebut kerap digunakan ketika nguli, mungkin agar bisa tampil eksis gaya rock n' roll meski tengah mengaduk semen.

Rambut pirang dan celana jeans pensil sobek-sobek menjadikan kuproy bisa bergaya di tengah kerasnya tekanan kerja (foto: instagram @yayanworrisblack)

Tak cukup OOTD yang eksis. Rambut juga wajib dibuat keren. Kuproy tampil pede dengan rambut perwarna pirang antisalon-salon club. Cukup dicat sendiri. Sayangnya, semangat DIY mereka justru membuat tampilan rambut jadi kelihatan seperti rambut pirang gegara kebanyakan panas-panasan main layangan.

Meski demikian, kuproy masih punya andalan untuk tampil eksis. Tubuh kekar, bahkan sixpack, hasil 'olahraga' keras mengaduk semen, memotong kayu, dan mengangkut pasir. Kuproy tahu, otot-otot terlatih itu sayang kalau tak dipamerkan. Jadilah, tidak sedikit kuproy yang berkeja tanpa mengenakan baju. Pengin eksis sih, tapi nahasnya, bau keringat mereka bisa tercium hingga jarak 1 kilometer.

Tak hanya tampilan yang berciri. Para kuproy juga punya gaya makan yang 'kuli' banget. Mereka acap makan di warteg dengan porsi jumbo alias portugal (porsi tukang gali). Tak perduli lauk hanya usus, kuah sop, dan sambal, yang penting nasi menggunung biar kuat kerja 7 hari 7 malam.

Baca Juga:

Anak Emo Negeri Aing Pernah Berjaya Pada Masanya

Biar makan lengkap dan nikmat, kuproy memilih minuman favorit mereka: minuman energi dalam sachet. Minuman tersebut biasanya diseduh diplastik dengan tambahan batu es. Namun, bukannya langsung ditenggak habis, minuman tersebut disisakan dalam plastik lalu digantung di paku bangunan, untuk diminum kembali saat dahaga menghampiri.

Sehabis makan, para kuproy menikmati rokok filter. Kayaknya rokok jenis itu sangat identik dengan para kuproy. Sampai-sampai ada ungkapan: 'Ketika filterku sudah menyala, maka jadilah rumah spek dewa'.

Sementara itu, biar gegayaan makin eksis, kuproy melengkapi diri dengan gadget. Tak perlu yang high end, kuproy cukup pakai ponsel kentang alias ponsel dengan spek nanggung, bahkan cenderung spek terbawah.

Bagi para kuproy, spek ponsel tak menjadi masalah, yang penting bisa tetap cekrek kemudian upload di Facebook. Tak peduli kualitas gambar buram dan pas-pasan, yang penting bisa tetap eksis.

Rumah bedeng dan porsi makanan tukang gali sangat identik dengan gegayaan kuproy di negeri aing (foto: youtube/derajat purnama)

Selain ponsel, biasanya kuproy menggunakan speaker bluetooth dengan merek enggak jelas yang dibeli di pasar malam. Bagi mereka, sound quality bukanlah segalanya, yang penting terdengar musik dangdut atau lagu-lagu yang tengah populer, bisa dinikmati dengan rekan sesama kuproy. Biasanya para kuproy menyetel musik agar bisa mengaduk semen seraya bergoyang. Tarik, mang!

Kemudian gegayaan yang terakhir yakni dari sisi 'properti', biasanya saat mengerjakan satu proyek, para kuproy mendirikan rumah bedeng di lokasi pembangunan, untuk menjadi 'istana' sementara. Walaupun terlihat sederhana dan ruang tidur berdesakan, bagi kuproy hal itu sudah membuat mereka bahagia. (Ryn)

Baca Juga:

Musisi Negeri Aing Gegayaan dengan Kacamatanya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Cara Menahan Diri dari Godaan Diskon Harbolnas 12.12
Fun
4 Cara Menahan Diri dari Godaan Diskon Harbolnas 12.12

Yuk tahan diri dari godaan Harbolnas.

Kominfo: Utamakan Etika & Keamanan Data dalam Kerjasama Digital Medis
Fun
Kominfo: Utamakan Etika & Keamanan Data dalam Kerjasama Digital Medis

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah terkait dengan etika.

Sebelum Menggunakan Clubhouse, Cek Kelebihan dan Kekurangannya
Fun
Sebelum Menggunakan Clubhouse, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, kenali dulu kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Pasca 2 Dekade, 'Spirited Away' Masih Jadi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
ShowBiz
Pahami Karakter Cinta 12 Zodiak ini
Fun
Pahami Karakter Cinta 12 Zodiak ini

Karakter cinta 12 zodiak berbeda.

Inggris Minta Netflix Beri Label Fiksi pada ‘The Crown’
ShowBiz
Inggris Minta Netflix Beri Label Fiksi pada ‘The Crown’

Beberapa adegan di The Crown bukanlah fakta.

Gegayaan Demit di Negeri Aing
Fun
Gegayaan Demit di Negeri Aing

Ikonik banget deh.

Google Berhenti Jual Iklan Berdasarkan Data Tracking Browser
Fun
Google Berhenti Jual Iklan Berdasarkan Data Tracking Browser

Google telah mengumumkan jika browser Chrome-nya akan menghentikan dukungan untuk cookie pihak ketiga mulai tahun 2022.

2 Game 'Tomb Raider' Gratis untuk Rayakan Square Enix Presents
Fun
2 Game 'Tomb Raider' Gratis untuk Rayakan Square Enix Presents

Bersiaplah untuk rayakan ulang tahun ke-25 petualangan Lara Croft.