Fashion

Gegayaan Kebaya di Negeri Aing

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 02 Maret 2021
Gegayaan Kebaya di Negeri Aing
Agnez Mo mengenakan kebaya dalam salah satu videoklipnya. (foto: Instagram @anyeblack)

PEREMPUAN negeri aing punya gaya andalan untuk tampil anggun: baju kebaya. Busana yang jadi kostum nasional ini bisa ditemui di seluruh penjuru Tanah Air. Hampir semua perempuan Indonesia punya ataupun pernah mengenakan kebaya.

Seperti kata pepatah, 'lain ladang, lain belalang', lain daerah, lain pula model kebayanya. Bisa dibilang, gegayaan kebaya ini enggak ada matinya. Penyanyi Agnez Mo bahkan pernah mengenakan kebaya untuk salah satu tampilan dalam videoklip Long As I Get Paid. Kebaya karya Anne Avantie itu terlihat megah dengan tampilan bustier dan tambahan head piece. Ya, tampilan kebaya bisa tradisional atau dimodifikasi dengan gaya terkini. Kebaya tetap fashionable.

BACA JUGA:

Gegayaan Rambut Gori di Negeri Aing


1. Kebaya Kartini

kebaya kartini
Kebaya Kartini. (foto: modelmu)

Model kebaya ini pada dulunya dipakai oleh perempuan ningrat saat era RA Kartini. Umumnya, kebaya Jawa identik dengan sebutan kebaya Kartini.

Potongan kebaya jenis ini mirip dengan kebaya encim. Pembedanya ialah lipatan pada bagian dada. Ciri lain dari kebaya Jawa ialah panjang kebaya yang menutup panggul dan lipatan kerah dengan bentuk garis vertikal. Hal itu membuat kesan pemakainya tinggi dan ramping.

2. Kebaya Jawa

kebaya jawa
Kebaya Jawa dengan kesan sederhana.(foto: pinterest)

Kesan sederhana langsung terlihat dari kebaya jenis ini. Bentuknya simpel dengan potongan leher V. Biasanya kebaya Jawa terbuat dari kain transparan bermotif yang dipadupadankan dengan pakaian dalam.

3. Kebaya Encim

kebaya encim
Kebaya encim. (foto: modelkebaya)


Kebaya encim merupakan perpaduan antara baju Shanghai khas Tiongkok dan kebaya khas Melayu. Kebaya encim umumnya dibuat dengan bahan organdi atau katun.

Yang membedakan kebaya ini dari kebaya lainnya ialah kerah V dengan bordiran sepanjang kerah sampai bawah.

4. Kebaya Bali

kebaya bali
Kebaya Bali. (foto: Youtube)

Perempuan Bali mengenakan kebaya sebagai pakaian wajib untuk melakukan persembahyangan ke pura. Bentuk kebaya Bali memiliki detail pada tambahan obi yang melilit di bagian pinggang. Biasanya, bahan kebaya Bali terbuat dari brokat dan kain katun.

Obi yang ditambahkan ada yang bisa langsung dipasangkan pada kebaya atau bisa ditambahkan kain yang terpisah dari kebaya.

5. Kebaya Kutu Baru

kebaya kutu baru
Kebaya kutu baru. (foto: idemodelbusana)

Nama kutu baru naik daun setelah Ibu Iriana Joko Widodo kerap mengenakannya di acara kenegaraan. Pada dasarnya, bentuk kebaya kutu baru sama dengan kebaya lainnya. Tambahan kain untuk menghubungkan sisi kiri dan kanan kebaya di bagian dada dan perut menjadi khas kebaya model ini.

Biasanya, dalam pemakaian jenis kebaya ini, stagen (kain yang dililitkan pada perut) atau korset ditambahkan supaya pemakaianya terlihat lebih langsing.


Bagaimana, kebaya model mana nih yang jadi pilihan kamu?(dwi)

#Maret Gegayaan Di Negeri Aing #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan