Gegara LaLiga, Kepindahan Messi dari Barcelona Terancam Batal Lionel Messi. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Konflik antara Lionel Messi dengan Barcelona semakin meruncing dengan adanya campur tangan dari LaLiga sebagai pengelola kompetisi teratas Spanyol.

Seperti diketahui, Messi berhasrat meninggalkan Blaugrana pada musim panas 2020. La Pulga menilai keharmonisan bersama Barca telah berakhir. Messi ingin merasakan tantangan baru.

Baca Juga

Kompany Yakin Guardiola Sudah Telepon Lionel Messi Ajak Gabung Manchester City

Untuk meninggalkan Barcelona, Lionel Messi telah mengaktifkan klausul menentukan masa depan sendiri. Pada klausul tersebut, Messi bisa pergi dengan cara memutus kontrak.

Namun, Barcelona dengan tegas menolak keinginan Messi. Barca menuturkan, klausul tersebut sudah kadaluwarsa pada akhir Juni. Sementara itu, pembelaan Messi adalah periode klausul bisa molor karena pandemi virus corona yang membuat kompetisi jadi tertunda.

Surat pernyataan LaLiga

Menanggapi masalah tersebut, LaLiga akhirnya buka suara. LaLiga menegaskan tidak akan menyetujui keinginan Messi pergi dengan cara memutus kontrak.

"Sehubungan dengan interpretasi yang berbeda (beberapa di antaranya saling bertentangan) yang dipublikasikan dalam beberapa hari terakhir di berbagai media, terkait dengan situasi kontrak Lionel Andres Messi dengan FC Barcelona, LaLiga menganggap tepat untuk mengklarifikasi itu, setelah kontrak dianalisis," bunyi pernyataan LaLiga.

"Sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan mengikuti prosedur yang sesuai dalam kasus ini, LaLiga tidak akan menjalankan prosedur sebelumnya untuk mengeluarkan pemain dari federasi jika dia belum membayar jumlah klausul itu," sambung LaLiga.

Menurut LaLiga, satu-satunya jalan keluar adalah klub peminat mengaktifkan klausul pelepasan Messi yang mencapai 700 juta euro. Dengan situasi ekonomi saat pandemi virus corona seperti ini, sulit melihat ada klub yang bisa melakukannya.

"Jadi, jika Messi ingin membebaskan dirinya dari Barcelona, harus membayar 700 juta euro yang disebutkan dalam klausul tersebut. Ini dideklarasikan oleh federasi sepak bola Spanyol. Duet Barcelona-Messi memang ditakdirkan untuk bertahan lebih lama."

Menanggapi pernyataan LaLiga, Lionel Messi dikabarkan tetap pada pendirian pergi dari Barcelona. Perlawanan dilakukan dengan cara tak hadir dalam tes PCR yang dilakukan Barca.

Saat ini, Manchester City masih menjadi tim terdepan dalam lomba mendatangkan Messi. The Citizens dikabarkan siap memberikan dana hingga 200 juta euro demi mendapatkan servis 33 tahun tersebut. Man City punya kartu as yakni hubungan baik Messi dengan Pep Guardiola.

Baca Juga

5 Klub yang Punya Peluang Merekrut Lionel Messi

Peran Lionel Messi di sepak bola Spanyol memang sangat besar. Messi menjadi pemain paling top yang saat ini berada di LaLiga. Apalagi, usai Cristiano Ronaldo menuju Juventus. Tak heran, pernyataan LaLiga tersebut dibaca sebagai cara untuk menghindari redupnya citra liga. (Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH