GBK Jadi Penyebab Wilayah Jaktim dan Jaksel Kerap Terendam Banjir

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 15 April 2021
GBK Jadi Penyebab Wilayah Jaktim dan Jaksel Kerap Terendam Banjir
Banjir rendam permukiman warga di Cipinang Melayu akibat luapan Kali Sunter, Kamis (15/4/2021). (ANTARA/HO)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan, penyebab sejumlah wilayah di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan sering terendam banjir saat hujan turun.

Cerita Riza, salah satu faktor kawasan Cipinang Melayu, Condet dan Kalibata banjir terus, lantaran pada zaman dahulu saat pembangunan Gelora Bung Karno (GBK) wilayah tersebut tanahnya dikeruk untuk membanguun stadion kebanggaan Indonesia itu.

Baca Juga

Bangun Rumah Panggung di Kawasan Banjir Dikritik, Ini Kata Wagub Riza

"Waktu kita bangun GBK itu dulu diuruk, uruknya dari mana, dari situ dari tempat-tempat Kalibata dsb, diuruk sehingga menjadi kubangan," kata Riza di Jakarta, Kamis (15/4).

Maka dari itu, kata Riza, wilayah tersebut jadi langganan banjir dikala hujan mengguyur Jakarta. Di mana punya kontur tanah yang rendah dari wilayah lainnya.

"Sehingga kubangan itu karena sulitnya lahan oleh warga dijadikan pemukiman. Kalau hujan ya banjir jadi kubangan," papar dia

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Foto: MP/Asropih

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Riza sudah menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) guna mencarikan solusi terkait titik-titik yang memang menjadi kubangan dan langganan banjir.

"Di situ nanti harus dibangun rusunawa rusunami sehingga bawahnya kosong. Ketika kemarau jadi basement, jadi tempat bermain. Ketika hujan, banjir, jadi tempat tampungan air. Banyak ada di Jaktim dan Jaksel," paparnya.

Orang nomor dua di Jakarta ini juga meminta, pada warga di lokasi-lokasi tersebut agar waspada banjir dari guyuran hujan. Sebab dari perkiraan BMKG, pada Rabu hingga Jumat besok Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi.

"Curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan genangan bahkan mungkin di bebebrapa titik ada banjir," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga

Sheet Pile Penahan Dinding Sungai Cara Kadis SDA Baru Atasi Banjir Jakarta

#Banjir #Banjir Jakarta #Penyebab Banjir Jakarta #Wagub DKI Jakarta #Gelora Bung Karno
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan