Gaya Hidup Ibu Bisa Pengaruhi Obesitas Anak Ibu pengaruhi obesitas anak (Foto: Pixabay/sasint)

OBESITAS pada anak menjadi masalah yang cukup serius. Jika dibiarkan hingga dewasa, obesitas akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Bukan hanya menimbulkan efek buruk pada kesehatan fisik, obesitas juga mempengaruhi kesehatan mental mereka karena epresi dan kurang percaya diri.

Obesitas berbeda dengan kelebihan berat badan. Jika BMI anak (indeks massa tubuh) lebih tinggi dari 95 persen anak-anak lain seusia dan jenis kelaminnya, ia dianggap mengalami obesitas atau berisiko menjadi obesitas.

Baca juga:

Kenali Perbedaan Serangan Jantung dan Stroke

Ibu bisa mengatur obesitas pada anak (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Ibu bisa mengatur obesitas pada anak (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Riwayat keluarga, faktor psikologis, dan gaya hidup berperan dalam obesitas. Dari semuanya pola makan buruk dan kurangnya nutrisi yang tepat menjadi penyebab utama.

Terlepas dari yang disebutkan, para ibu berperan penting dalam mengendalikan obesitas anak dan mencegah timbulnya komplikasi lebih lanjut di masa depan. Hal itu disimpulkan setelah adanya penelitian dari Universitas Harvard.

Baca juga:

Unik dan tak Lazim, Sajian ini Jadi Khas Negara Dunia

Sebanyak 25 ribu responden yang semuanya anak-anak menyatakan kebiasaan tertentu yang diadopsi oleh ibu memiliki dampak langsung pada berat badan.

Kebiasaan ibu mempengaruhi berat badan anak (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)
Kebiasaan ibu mempengaruhi berat badan anak (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

"Temuan kami menyoroti peran penting yang berpotensi dari pilihan gaya hidup ibu dalam etiologi obesitas pada anak. Kebiasaan ibu memberikan dukungan untuk strategi intervensi berbasis keluarga atau orangtua dalam mengurangi risiko obesitas pada anak," kata seorang peneliti seperti dilansir Boldsky.

Dengan mengikuti lima kebiasaan sehat, seperti berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, mempertahankan berat badan yang sehat, tidak mengonsumsi alkohol dan rokok, seorang ibu bisa membantu anak mengurangi risiko obesitas.

Bahkan lima kebiasaan ini dapat mengurangi risiko anak menjadi obesitas hingga 75 persen dibandingkan dengan mereka yang melakukan sebaliknya.

Baca juga:

Ada Loh, Penyakit yang Bikin Jadi Kayak Vampir


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani