Gaya Busana Era 60an Yang Masih Diminati Hingga Kini Gaya busana 60an ini masih diminati hingga sekarang (Sumber: Berbagai Sumber)

TREN fashion terus berputar. Gaya busana yang sempat populer di era 60an, 70an, 80an, hingga 90an akan kembali lagi di kemudian hari.

Tahun 60an bisa dikatakan sebagai gerbang dari periode keemasan fashion. Sejumlah fashion item yang ngetren kala itu masih mdemiliki peminatnya hingga saat ini.

BACA JUGA:

Fashion Icon 90an Yang Layak Jadi Panutan

1. Rok Mini

Rok Mini
Rok Mini (Sumber: Pinterest/La Vang)

Bicara tentang tren 60an takkan lengkap jika kita tak menyebut rok mini. Pada 1966, Mary Quant merancang rok mini yang berada 7 inci di atas lutut. Dua tahun lebih awal darinya, Andre Courreges membuat rok yang jauh lebih pendek. Rupanya, rok yang dirancang oleh kedua desainer tersebut begitu booming dan diminati oleh para gadis 60an. Nuansa cute dan seksi dari rok mini membuat outfit ini masih bertahan dan tetap disukai hingga kini.

2. Motif Leopard

Leopard
Motif macan tutul (Sumber: Bliss Bowen)

Meskipun motif bunga menjadi ikon 60an, kita tak bisa melupakan betapa kerennya motif macan tutul. Dipakai oleh Elizabeth Taylor, semua orang mengasosiasikan motif leopard dengan gaya ala bintang rock.

3. Topi Baret

Topi Baret
Topi Baret (Sumber: Anna Targoniy)

Sepanjang dekade 60an, minat masyarakat dunia akan film-film New Wave Prancis sangat meningkat. Ini memberikan pengaruh pada perkembangan fashion di masa itu. Secara langsung, prevalensi topi baret di tahun 60an juga cukup tinggi.

4. Tuksedo

Tuxedo
Tuksedo (Sumber: Pinterest/Drush Drush)

Di tahun 60an, celana panjang masih dianggap vulgar pada perempuan. Di tahun 1966, YSL meluncurkan debut tuksedo yang diberi nama Le Smoking. Tuksedo tersebut melambangkan daya tarik seksual dan dianggap memiliki daya pikat yang begitu kuat. Pandangan tersebut mendapat kecaman dari para kritikus mode. YSL dianggap terlalu keras dalam menarik perhatian kaum muda. Meski sempat mendapat kecaman, setelan tuksedo cukup diminati perempuan hingga kini.

Baca Juga :

Deretan Fashion Item Yang Wajib Dimiliki Untuk Bergaya Ala 90an

5. Kacamata Bundar

Kacamata bundar
Kacamata Bundar (Sumber: Firmoo)

Kacamata bundar dan besar menjadi salah satu fashion item penting dalam sejarah industri mode di tahun 60an. Lihatlah! Mulai dari kacamata klasik ala John Lennon hingga kacamata hibrida ala Jane Fonda masih digandrungi hingga kini.

6. Warna Oranye dan Cokelat

Warna Oranye
Warna orange dan cokelat (Sumber: Styleoholic)

Ada sejumlah pola psychedelic yang berputar di sepanjang tahun 60an. Namun menjelang akhir era, warna cokelat dan oranye begitu populer dan menjadi serangan balik terhadap warna-warna yang jauh lebih berani di tahun-tahun sebelumnya.

7. Blus Satin

Satin
Blus satin (Sumber: Pinterest/Joy Jay)

Di tahun 60an, semua perempuan begitu mengidolakan gaya Cher. Tak ada satupun dari penampilannya yang tak disukai. Semuanya menjadi tren. Salah satunya adalah blus satin. (avia)

Baca Juga:

Tas Off-White, Dibanderol Rp24 Juta tapi Tidak Bisa Menyimpan Barang

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH