Gasak Myanmar 4-2, Indonesia Jumpa Vietnam di Final SEA Games Cabor Sepak Bola Timnas Indonesia U-23. (PSSI)

Mwrahputih.com - Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak final usai menekuk Myanmar U-23 dengan skor meyakinkan 4-2 pada laga semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12).

Di final, anak asuh Indra Sjafri bakal berhadapan dengan Vietnam yang pada pertandingan lain menggulung Kamboja 4 gol tanpa balas.

Kemenangan ini diraih dengan tidak mudah. Pasalnya, Evan Dimas dkk harus mengunci kemenangan lewat babak tambahan waktu. Raihan ini juga merupakan final SEA Games 2019 untuk ketujuh kalinya sepanjang sejarah.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 langsung mengambil alih jalannya laga. Kedua tim saling ngotot dan memainkan tempo cepat untuk mencetak gol. Myanmar membuat Timnas Indonesia U-23 kesulitan mengembangkan permainan.

Myanmar bermain sangat cepat dengan umpan satu-dua melalui serangan balik. Timnas Indonesia U-23 mencoba peruntungan melalui Evan Dimas pada menit ke-12. Sayang, bola hasil tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Myanmar, Sann Sat Naing. Osvaldo Haay mendapat peluang emas pada menit ke-18.

Bola umpan tarik Asnawi Mangkualam Bahar gagal dimanfaatkan Osvaldo Haay yang sudah tak terkawal. Bola tandukannya melebar tipis di samping kanan gawang Sann Sat Naing. Pada menit ke-37, Osvaldo Haay mencoba peruntungan melalui tendangan kaki kanannya.

Timnas U-23 (PSSI)

Sayang, bola hasil tendangan kaki kanannya masih bisa ditangkap Sann Sat Naing. Selanjutnya, Myanmar mencoba peruntungan melalui tendangan jarak jauh, namun tak berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-23. Osvaldo Haay mendapat peluang emas pada menit ke-45. B

umpan Saddil Ramdani disambut dengan tandukan Osvaldo Haay. Namun, bola dengan mudah ditangkap Sann Sat Naing, padahal Osvaldo Haay tanpa kawalan. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Osvaldo Haay kembali mendapat peluang emas pada menit ke-47. Bola hasil tendangannya usai menerima umpan terobosan Egy Maulana Vikri, masih bisa ditepis lalu ditangkap Sann Sat Naing.

Myanmar hampir membobol gawang Timnas Indonesia U-23 melalui Myat Kaung Khant pada menit ke-53. Beruntung, bola hasil tendangan keras kaki kanannya dari luar kotak penalti masih melebar tipis di atas mistar gawang kiper Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya mampu menciptakan gol melalui Evan Dimas pada menit ke-57. Bola umpan tarik Egy berhasil diteruskan Evan Dimas dengan tendangan keras kaki kanannya. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-23. Andy Setyo hampir menambah keunggulan Timnas Indonesia U-23.

Namun, bola hasil tandukan kapten Skuat Garuda Muda tersebut masih melebar di samping kanan gawang Sann Sat Naing. Timnas Indonesia U-23 berhasil menambah keunggulan melalui Egy Maulana Vikri pada menit ke-71. Bola hasil umpan tendangan bebas Sani Rizky disambut Egy dengan tandukannya. Skor 2-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Myanmar memperkecil kedudukan pada menit-78 melalui Aung Kaung Mann. Bola hasil sepakan kaki kanannya mengalir deras ke jala gawang Nadeo Argawinata. Skor 2-1 masih untuk Timnas Indonesia U-23. Satu menit kemudian, Myanmar langsung menyamakan kedudukan melalui Win Naing Tun. Bola hasil tangkapan Nadeo Argawainata tidak sempurna. Bola liar diteruskan Win Naing Tun dengan tendangan kaki kirinya. Skor imbang 2-2.

Evan Dimas mendapat peluang emas pada menit ke-91. Sudah tak terkawal, Evan Dimas gagal membobol gawang Myanmar. Bola hasil tendangan kaki kanannya melebar tipis di samping kanan gawang Sann Sat Naing. Satu menit berselang, bola hasil tendangan Saddil Ramdani ditepis oleh Sann Sat Naing. Hampir saja Saddil Ramdani menciptakan gol kemenangan untuk Timnas Indonesia U-23. Skor imbang 2-2 berakhir.

Timnas U-23 (PSSI)

Pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Di babak tambahan waktu, Timnas Indonesia U-23 masih mengambil alih inisiatif jalannya laga. Myanmar masih mengandalkan serangan balik cepat. Timnas Indonesia U-23 menciptakan gol melalui Osvaldo Haay pada menit ke-101.

Bola umpan silang Asnawi disontek Osvaldo Haay. Skor 3-2 untuk Timnas Indonesia U-23. Evan Dimas mencetak gol keduanya pada menit ke-. Bola hasil umpan Saddil Ramdani tidak disambut Osvaldo Haay, dengan sengaja memberikannya ke Sani Rizky. P

Bhayangkara FC itu memberikan umpan tarik kepada Evan Dimas, yang kemudian disambut dengan tendangan kaki kanan menyusur tanah. Skor 4-2 untuk Timnas Indonesia U-23. Myanmar bermain 10 orang usai pemainnya diusir wasit karena dengan sengaja menendang Saddil Ramdani. Skor 4-2 untuk Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga laga usai. F

dan perebutan tempat ketiga diselenggarakan di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12).

Susunan Pemain:

Myanmar U-23 (4-4-1):

Sann Sat Naing; Win Moe Kyaw, Ye Min Thu, Ye Yint Aung, Aung Wunna Soe; Hlaing Bo Bo, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Aung Naing Win, Htet Phyoh Wai; Nay Moe Naing.

Pelatih: Velizar Emilov Popov

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3):

Nadeo Argawinata; Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas, Saddil Ramdani; Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Muhammad Rafli.

Pelatih: Indra Sjafri

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gugatan Dikabulkan, Manchester City Diizinkan Tampil di Kompetisi Eropa
Olahraga
Gugatan Dikabulkan, Manchester City Diizinkan Tampil di Kompetisi Eropa

"CAS menekankan bahwa sebagian besar dugaan pelanggaran yang dilaporkan oleh Adjudicatory Chamber dari UEFA Club Financial Control Body (CFCB) tidak dibuat atau dibatasi waktu."

Timnas Indonesia Ubah Program Latihan Usai Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda
Olahraga
Timnas Indonesia Ubah Program Latihan Usai Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda

Kualifikasi Piala Dunia 2022 kembali ditunda yang awalnya digelar Oktober dan November menjadi tahun 2021 mendatang

Dapat Hibah Rp304 Miliar, Atlet DKI Diminta Sabet Banyak Prestasi di PON Papua
Olahraga
Dapat Hibah Rp304 Miliar, Atlet DKI Diminta Sabet Banyak Prestasi di PON Papua

Eksekutif dan legislatif mengalokasikan dana hibah untuk para atlet DKI yang akan mengikuti PON XX 2021 di Papua pada Oktober 2021.

 Bertanding ke Luar Negeri, Timnas Bakal Tetap Diawasi Satgas Antimafia Bola
Olahraga
Bertanding ke Luar Negeri, Timnas Bakal Tetap Diawasi Satgas Antimafia Bola

"Kami bukan curiga dengan timnas, tapi ini mengantisipasi ada kelompok kelompok lain yang mempengaruhi timnas. Jadi ini adalah langkah preventif. Hal ini sudah dilalukan Vietnam, Malaysia dan Singapura," kata Iwan

Persipura Protes Polisi Beri Izin Pernikahan Putri Rizieq Shihab
Olahraga
Persipura Protes Polisi Beri Izin Pernikahan Putri Rizieq Shihab

Persipura menilai polisi tebang pilih dengan memberikan izin. Bukannya menindak kerumunan di acara pernikahan anak Rizieq, tapi malah memfasilitasi.

Menang Ini, Cristiano Ronaldo Absen Saat Messi Gondol Ballon d'Or ke-6
Olahraga
Menang Ini, Cristiano Ronaldo Absen Saat Messi Gondol Ballon d'Or ke-6

Cristiano Ronaldo menerima penghargaan Pemain Terbaik Serie A.

4 Poin Penting Hasil Rapat 10 Klub Liga 1
Olahraga
4 Poin Penting Hasil Rapat 10 Klub Liga 1

Masukan ini ditampung hingga 23 Maret 2020.

Perolehan Medali Emas Kontingen Indonesia Mendekati Target Presiden Jokowi
Olahraga
Perolehan Medali Emas Kontingen Indonesia Mendekati Target Presiden Jokowi

"Kalau bisa 60 medali emas dan meraih runner-up. Karena di ASIAN Games 2018 kita bisa finis urutan empat," kata Jokowi

Gelora Bung Karno Siap Gelar Piala Dunia U-20
Olahraga
Gelora Bung Karno Siap Gelar Piala Dunia U-20

"Kawasan GBK sudah siap 'banget'," kata Winarto

Usung Spirit of 2003, Persik Kediri Rilis Jersey Anyar
Olahraga
Usung Spirit of 2003, Persik Kediri Rilis Jersey Anyar

Kostum ini akan dipakai klub berjuluk Macan Putih ini untuk mengarungi Liga 1 2020.