Gasak FC Emmen 5-0, Ajax Puncaki Klasemen Liga Belanda Ajax vs FC Emmen. (Antaranews)

MerahPutih.com - Juara bertahan Ajax berhasil menggasak tamunya, FC Emmen 5-0 dalam laga pekan kedua Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu (11/8) dini hari WIB.

"Kemenangan itu diraih berkat sumbangan masing-masing satu gol dari Donny van de Beek, Hakim Ziyech dan Dusan Tadic yang dilengkapi dwigol Klaas-Jan Huntelaar," begitu bunyi catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca Juga: Bek Termahal Dunia Siap Jalani Debut Pertama Bersama MU

Hasil tersebut untuk sementara mengangkat posisi tim besutan Erik ten Hag naik ke puncak klasemen dengan koleksi empat poin, sedangkan Emmen yang masih nirpoin jadi juru kunci.

Donny van de Beek (Zimbio)
Donny van de Beek (Zimbio)

Setelah hanya meraih hasil imbang di laga pertama, Ajax seolah mengamuk sejak sepak mula menghadapi Emmen, kendati harus menunggu hingga menit ke-27 untuk membuka keunggulan melalui tembakan kaki kanan Van de Beek yang menyelesaikan umpan sodoran Tadic.

Emmen yang lebih berperan bak samsak dirundung rentetan serangan Ajax, cukup beruntung bisa menutup babak pertama dalam ketertinggalan hanya 0-1.

Namun keberuntungan itu memasuki masa kadaluarsa saat babak kedua baru berjalan dua menit dan serangan cepat Ajax diakhiri sepakan kaki kiri Ziyech yang menggandakan keunggulan tuan rumah.

Baca Juga: Arsenal Rela Keluarkan Uang Banyak untuk Bek Muda Skotlandia Ini

Keunggulan Ajax bertambah lagi pada menit ke-66 saat Tadic menyambar bola liar hasil tendangan Quincy Promes yang tak bisa dihentikan sempurna oleh kiper Dennis Telgenkamp.

Selisih tiga gol tak membuat Ajax mengendurkan serangan mereka, hasilnya pada menit ke-80 Huntelaar yang baru masuk pada menit ke-72 menggantikan Tadic sukses memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 4-0 lewat golnya yang memanfaatkan umpan terobosan dari Promes.

Huntelaar mencetak gol keduanya pada menit ke-88 saat ia menyundul bola muntah hasil tembakannya sendiri yang tak mampu diamankan dengan baik oleh Telgenkamp.

Wasit Serdar Gozubuyuk sempat meninjau VAR atas dugaan offside Huntelaar sebelum kemudian memastikan keabsahan gol tersebut dan memastikan kemenangan Ajax atas Emmen menjadi 5-0 saat peluit tanda laga usai berbunyi. (*)

Baca Juga: Bournemouth Resmi Pinjam Talenta Muda Milik Liverpool


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH