Garuda Tertolong Perjalanan Domestik

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 04 September 2020
Garuda Tertolong Perjalanan Domestik
Garuda Indonesia. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Perjalanan yang menggunakan maskapai udara Garuda Indonesia, mulai meningkat dibandingkan pada pada Mei lalu, perusahaan BUMN ini sempat terjatuh ke jurang terdalam, yakni hanya mengoperasikan 30 penerbangan dalam sehari yang separuhnya adalah penerbangan kargo.

Tercatat, saat libur panjang Garuda sempat mengoperasikan 170 penerbangan dengan jumlah 9.000 penumpang per hari. Saat ini, rata-rata 7.000 sampai 8.000 per hari penumpang.

"Kita harapkan semua menjadi lebih baik, jumlah penumpang lebih banyak, hal itu yang bisa menyelamatkan Garuda ke depan,” ujar Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Ade R Susardi.

Baca Juga:

Hadapi New Normal, Garuda Indonesia Fokus Pada Layanan Kargo

Ia menegaskan, pihaknya masih tertolong penerbangan domestik dibandingkan internasional karena ada berbagai perbatasan atau travel restrictions di beberapa negara yang menyebabkan penghentian sementara operasional.

Saat ini Garuda masih terbang ke sejumlah rute internasional, seperti Belanda, Korea Selaran, Jepang, Singapura, dan Australia, frekuensi penerbangan dipangkas yang semula Jakarta-Amsterdam enam kali seminggu, saat ini satu kali seminggu.

Kemudian, untuk penerbangan ke Sidney, Australia penumpang dibatasi hanya 50 orang yang boleh masuk ke negara tersebut karena aturan setempat.

penumpang pesawat
Penumpang Pesawat. (Foto: Antara).

Berdasarakan survei yang dilakukan Garuda, 73 persen masyarakat menyatakan minatnya untuk kembali terbang saat ini hingga enam bulan ke depan, 65 persen menyatakan perlu terbang sampai Desember 2020.

"Tapi yang benar-benar beli tiket hanya 12 persen. Hal ini juga yang kita lihat sebagai satu kendala, ingin, tapi enggak yakin karena situasinya ragu, takut dokumen kurang atau perlu persiapan PCR, rapid test, di mana tempat melakukannya tes cepat, PCR, apakah di tempat tujuan harus dilakukan juga, ini complicated," katanya dikutip dari Kantor Berita Antara.

Ia menegaskan, banyaknya masyarakat yang memilih jalur darat untuk bepergian di Pulau Jawa karena didukung infrastruktur jalan tol yang memadai.

"Untuk traveling di Pulau Jawa atau bisa dilakukan darat, masih ada yang lebih memilih ke Jateng atau Jatim dengan darat karena jalan tol bagus dan enggak susah dengan dokumen perjalanan. Ini yang perlu edukasi, travel di udara sebenarnya aman, tapi harus sesuai dengan protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga:

Alasan Erick Thohir Pilih Yenny Wahid Jadi Komisaris Garuda Indonesia

#Garuda Indonesia #Kinerja BUMN
Bagikan
Bagikan