Garuda Siapkan 150 Titik Layanan Tes COVID-19 Biar Masyarakat Mau Terbang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 24 November 2020
Garuda Siapkan 150 Titik Layanan Tes COVID-19 Biar Masyarakat Mau Terbang
Ilustrasi rapid test. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Penurunan penumpang pesawat telah berdampak pada hampir seluruh maskapai di Indonesia. Adanya persyaratan pemeriksaan PCR atau tes usap sebelum terbang, dinilai menyulitkan apalagi dengan terbatasnya rumah sakit atau klinik yan melakukan tes.

Demi meningkatkan minat masyarakat kembali terbang, maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyediakan lebih dari 150 titik layanan laboratorium dan rumah sakit (RS) rujukan resmi pemeriksaan PCR atau tes usap (swab test) COVID-19.

Dengan memperbanyak titik layanan test usap, diyakini memudahkan penumpang dalam pemenuhan dokumen penerbangan terutama untuk penerbangan internasional.

Baca Juga:

Sektor Pertanian Heronya Perekonomian saat Krisis akibat Pandemi

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menegaskan, layanan laboratorium dan RS yang dipilih Garuda, tersebar di lebih dari 40 kota di Indonesia dan merupakan jaringan dari 10 penyedia layanan tes usap yang mengacu pada rekomendasi Kementerian Kesehatan.

Penyediaan rujukan resmi layanan pemeriksaan PCR/swab test, kata ia, bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan dengan implementasi protokol kesehatan secara konsisten di seluruh lini operasional.

"Ini bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang, khususnya pada rute internasional," katanya.

Penumpang pesawat
Penumpang pesawat. (Foto: Antara).

Terhitung mulai 26 November 2020 mendatang, seluruh calon penumpang penerbangan rute internasional Garuda dapat melakukan pemeriksaan tes usap di layanan rujukan resmi tersebut, guna melengkapi dokumen perjalanan sesuai dengan persyaratan dari otoritas kesehatan dan penerbangan.

Sepuluh penyedia jaringan pelayanan pemeriksaan tes usap tersebut terdiri dari RS Pertamina (IHC Group), RS Siloam Hospital, RS Bunda, Lab Prodia, Lab Tirta Medical Centre. Kemudian, RS Primaya/RS Awal Bros, LabKlinik Kimia Farma, RSU Tabanan Bali, RSUD Bali Mandara, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

"Ke depannya, jumlah tersebut akan terus kami update secara berkala sesuai rekomendasi Kemenkes RI, sehingga pilihan layanan pemeriksaan swab test bagi calon penumpang dapat semakin beragam," kata Irfan. (Asp)

Baca Juga:

Pengiriman Paket Belanja Online di Indonesia Molor Jadi 3 Hari

#Garuda Indonesia #Test Covid 19 #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan