Garuda Operasikan Pesawat Berbadan Lebar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 10 April 2018
Garuda Operasikan Pesawat Berbadan Lebar
Pesawat Garuda. (Facebook/garudaindonesia)

MerahPutih.com - Maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar (wide body) untuk menerbangkan jemaah calon haji (JCH) pada pelaksanaan operasional haji 2018 (1439 H).

Kerja sama antara maskapai pelat merah itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Utama Garuda lndonesia Pahala N Mansury dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali di kantor kementerian Agama Jakarta, Senin (9/4).

"Sangat penting dalam memastikan kelancaran operasional haji, termasuk peranan dari aspek transportasi udara, untuk itu, kami berupaya memastikan seluruh proses pelaksanaan transportasi udara haji pada tahun ini dapat memberikan layanan transportasi udara terbaik bagi seluruh jemaah haji Indonesia," kata Nizar Ali, dilansir Antara.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda lndonesia Pahala N Mansury mengatakan, pihaknya telah menyiapkan armada terbaik untuk memastikan layanan penerbangan haji pada musim haji kali ini dapat berjalan lancar seperti sebelumnya.

"Berkaca dari pencapaian kinerja haji tahun lalu di mana kami berhasil mempertahankan capaian ketepatan waktu di atas 95 persen, kami optimistis kesiapan dan kelancaran layanan operational haji dapat terus kami maksimalkan", kata Pahala.

Seorang petugas membawa jemaah haji kloter pertama memakai kursi roda setibanya di Bandara International Minangkabau (BIM), Kamis (7/9). (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)
Seorang petugas membawa jemaah haji kloter pertama memakai kursi roda setibanya di Bandara International Minangkabau (BIM), musim haji tahun lalu. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Selain mempersiapkan armada terbaik, Garuda juga menyiapkan layanan cabin crew terbaik untuk melayani para jemaah.

Pada tahun ini Garuda Indonesia juga memperkaya layanan hiburan di dalam pesawat (in-flight entertainment) dengan menyediakan tayangan bernuansa Islami. Selain itu juga disediakan pilihan menu yang disesuaikan dengan selera daerah.

Pada musim haji 2018, Garuda Indonesia menyiapkaan sebanyak 14 pesawat yang terdiri atas tiga pesawat 3747-400, lima pesawat B777-300ER, dan enam pesawat A330-300/ 200.

Jumlah pesawat yang dioperasikan tersebut menyesuaikan dengan peningkatan trafik Jemaah haji pada tahun ini.

Pada tahun ini, Garuda lndonesia akan menerbangkan sebanyak 107 ribu penumpang yang rencananya akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi yang terdiri atas 278 kloter di seluruh Indonesia, meliputi Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Jumlah awak kabin haji juga bertambah menjadi 540 awak kabin dari sebelumnya 506 awak kabin, yang 25 persen di antaranya merupakan putra-putri daerah.

Penerbangan jemaah haji rencananya akan dimulai pada 17 Juli 2018 sampai 15 Agustus 2018. (*)

#Garuda Indonesia #Ibadah Haji
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan