Garuda Muda Tumbang dari Vietnam Skor Timnas Garuda Muda vs Vietnam (Foto: Twitter @pssi_fai)

MerahPutih.Com - Timnas U-19 gagal melanjutkan trend positif setelah kalah telak atas Vietnam di Thuwunna Stadium Yangon, Myanmar Senin, (11/9). Indonesia 0-3 Vietnam. Indonesia gagal meraih poin dalam kualifikasi group B Piala AFF U-18.

Timnas U-19 sebetulnya bermain cukup bagus pada babak pertama dengan menguasai jalannya pertandingan. Namun petaka terjadi pada jelang usai babak pertama. Dalam dua menit, khususnya pada menit ke-41 dan menit ke-45 Le Nam membobol gawang Indonesia.

Memasuki babak kedua, pasukan Garuda Muda dibawah komando M Irianto mencoba bangkit. Pelatih Indra Sjafri memasukan Samuel dan Witan guna menambah daya gedor Indonesia.

Namun dewi fortuna sepertinya belom berpihak ke Indonesia. Beberapa umpan sayap yang dilakukan Samuel dan Witan belum bisa dikonversi menjadi gol baik oleh Egy Maulana dan M Iqbal.

Pola permainan Indonesia yang lebih banyak mengandalkan umpan jauh justru membuka peluang Vietnam melakukan tekanan melalui serangan balik. Hasilnya di penghujung laga, berkat sepak pojok pemain Vietnam BHV Ahn pada menit ke-86 kembali membobol gawang Indonesia. Skor bertambah menjadi 3-0. Keunggulan tiga Vietnam bertahan sampai wasit membunyikan pluit akhir pertandingan.

Kekalahan Indonesia atas Vietnam bukan berarti peluang Garuda Muda sudah tertutup, Indonesia harus menang di laga terakhir kontra Brunei dan pada saat yang sama Myanmar kalah dari Vietnam.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH