Garuda Indonesia Tekor Karena Ingin Tersohor Dunia Garuda Indonesia. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pada 8 September 2014 silam, Garuda Indonesia akhirnya mengoperasikan rute penerbangan baru Jakarta – London (pp) via Amsterdam. Penerbangan perdana Garuda Indonesia ke London dengan nomor penerbangan GA088 tersebut berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 00.40 WIB dan tiba di London Gatwick Airport pada hari yang sama pukul 12.00 waktu setempat.

Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Jakarta – London (pp) via Amsterdam menggunakan pesawat terbaru Boeing 777-300ER, berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi First Class, 38 kursi Business Class, dan 268 kursi Economy Class. Armada tersebut dilengkapi dengan layanan “Inflight Connectivity” dan “Live TV” bagi seluruh penumpang serta layanan “Chef on Board” untuk penumpang “First Class”.

Baca Juga:

Demi Sukseskan PON XX, Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan ke Papua

Garuda Indonesia mulai mengoperasikan rute penerbangan non-stop Jakarta – Amsterdam pada 30 Mei 2014 lalu, sejalan dengan bergabungnya Garuda dengan aliansi penerbangan global SkyTeam pada Maret 2014.

Dengan bergabung dalam SkyTeam, pengguna jasa Garuda Indonesia dapat terhubung ke 1,052 destinasi di 177 negara yang dilayani oleh seluruh maskapai penerbangan anggota SkyTeam dengan total 16,323 penerbangan per hari.Selain itu, para pengguna jasa Garuda Indonesia juga dapat memperoleh akses ke sebanyak 516 lounges di seluruh dunia. Namun, rute terbang ini selalu tekor sejak pertama kali diluncurkan dan beberapakali melakukan perubahan rute. Sampai akhirnya, pandemi bikin BUMN ini terseok.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia diperintahkan harus fokus menggarap pasar penerbangan domestik untuk memperbaiki performa bisnis. Selama ini, Garuda telah terjebak dalam bisnis yang tidak sehat ketika mulai menggarap rute penerbangan luar negeri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menegaskan, berdasarkan data Garuda Indonesia, diketahui penumpang tujuan domestik mendominasi sebanyak 78 persen dengan pendapatan mencapai Rp 1.400 triliun. Sementara, jumlah penumpang tujuan luar negeri tercatat hanya 22 persen dengan perolehan Rp 300 triliun.

"Garuda harus fokus pada domestik, saya yakin akan kembali sehat, tapi perlu waktu cukup lama," kata Erick.

Kementerian BUMN terus mengawal proses restrukturisasi yang sedang berlangsung di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Hanya saja, dalam proses restrukturisasi itu, Erick mengaku dirinya enggan bernegosiasi terkait adanya penyalahgunaan wewenang dan korupsi.

Selain rute dan penyalahgunaan wewenang, Kementerian BUMN menyebutkan salah satu biang kerok kerugian Garuda Indonesia adalah kesepakatan harga pesawat dari perusahaan lessor.

"Negosiasi harus dikerasi terutama mengenai leasing/lessor (menyediakan armada pesawat dengan skema sewa) pesawat yang dikorupsi dan harga terlalu mahal," kata Erick.

Garuda terjerat utang menggunung hingga Rp 70 triliun sehingga perusahaan menderita kerugian. Pandemi COVID-19 juga membuat kinerja keuangan Garuda Indonesia semakin babak belur.

Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) berharap kepada semua pemangku kepentingan untuk mendukung penyelamatan maskapai nasional Garuda Indonesia. Khusus kepada pemerintah sebagai pemilik 64,54 persen saham kiranya dapat ikut mendukung penyelamatan Flag Carrier Garuda Indonesia.

Pesawat Garuda.(Foto: Antara)
Pesawat Garuda.(Foto: Antara)

Ketua Harian Sekarga, Tomy Tampatty menegaskan, telah mengirimkan Proposal Penyelamatan Garuda Indonesia kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN sebagai bentuk tanggung jawab di internal.

Ia memaparkan, sebagai wujud dari sense of crisis di internal Garuda Indonesia, pihaknya sudah melakukan efisiensi diantaranya pemotongan penghasilan seluruh karyawan Garuda Indonesia sebesar 25 hingga 50 persen sejak pandemi tahun 2020 sampai saat ini.

Tomy meminta semua pihak untuk tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang dapat mempengaruhi menurunnya kepercayaan pihak-pihak yang mempunyai hubungan bisnis dengan Garuda Indonesia, kepercayaan para pelanggan setia, dan semangat kerja Karyawan Garuda Indonesia Group.

"Sekarga juga memohon kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN untuk memberikan dukungan penuh atas upaya penyelamatan Garuda Indonesia dan kami pun memohon dukungan doa dari seluruh anak bangsa untuk kelangsungan Flag Carrier Garuda Indonesia dapat diselamatkan," ujarnya.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menargetkan PT Garuda Indonesia Tbk akan bergabung dengan Holding BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia/Aviata (Persero) pada 2023.

Ia berharap, restrukturisasi Garuda akan cepat tuntas dan selesai, sehingga mereka akan masuk menjadi bagian Aviata ke depan.

"Penggabungan pada holding pariwisata tersebut akan melalui tiga tahap di mana tahap pertama telah terselesaikan pada triwulan III-2021, tahap kedua pada triwulan IV-2021, dan tahap ketiga di 2023," katanya. (Asp)

Baca Juga:

RUPS Garuda Indonesia: Perombakan Struktural hingga Fokus Perseroan ke Depan

Penulis : Asropih Asropih
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PMI Solo Dapat Penghargaan dari Kemenko PMK
Indonesia
PMI Solo Dapat Penghargaan dari Kemenko PMK

PMI Cabang Solo, Jawa Tengah meraih penghargaan dari Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan PMI pusat.

Wagub DKI Singgung Banyak Daerah di Indonesia yang Masih Terendam Banjir
Indonesia
Wagub DKI Singgung Banyak Daerah di Indonesia yang Masih Terendam Banjir

Riza menekankan masalah banjir di DKI tidak bisa langsung diselesaikan dalam waktu singkat

Pulihkan Pariwisata, Gibran Janji Bikin Event Setiap Minggu Sore
Indonesia
Pulihkan Pariwisata, Gibran Janji Bikin Event Setiap Minggu Sore

"Mulai minggu depan kita buat event setiap hari minggu sore ada atraksi seperti ini. Nanti nanti aka nada komunikasi lebih lanjut dengan pihak keraton"ujar Gibran.

Hasil Tes Swab Keluar, Kapolda Metro: Positif COVID-19 Bukanlah Aib
Indonesia
Hasil Tes Swab Keluar, Kapolda Metro: Positif COVID-19 Bukanlah Aib

Fadil mengaku prihatin lantaran Anies dan Riza terkonfirmasi positif COVID-19

Duka Cita Megawati atas Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri
Indonesia
Duka Cita Megawati atas Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri beserta keluarga besar mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri.

Pimpinan Komisi III Tegaskan Kaburnya Rachel Vennya Dapat Bahayakan Banyak Orang
Indonesia
Pimpinan Komisi III Tegaskan Kaburnya Rachel Vennya Dapat Bahayakan Banyak Orang

Kaburnya Rachel yang diduga dibantu oleh oknum TNI itu merupakan preseden buruk

Temui TGPF Kasus Intan Jaya, LPSK Kumpulkan Informasi Penembakan Pendeta
Indonesia
Anies Akui Pemenuhan Tabung Oksigen di Jakarta Masih Bermasalah
Indonesia
Anies Akui Pemenuhan Tabung Oksigen di Jakarta Masih Bermasalah

Pemprov DKI mengakui pemenuhan kebutuhan tabung atau pengisian oksigen di pasaran masih menjadi problem seiring peningkatan permintaan dari masyarakat.

17 Jenis Kendaraan ini Diizinkan Melintas saat Ganjil Genap di Jakarta
Indonesia
17 Jenis Kendaraan ini Diizinkan Melintas saat Ganjil Genap di Jakarta

Terdapat 17 kendaraan yang diizinkan melintas selama gage berlangsung.

Gencatan Senjata Gaza Berlaku, Hamas Tetap Siaga Balas Serangan Israel
Dunia
Gencatan Senjata Gaza Berlaku, Hamas Tetap Siaga Balas Serangan Israel

Gencatan senjata mulai berlaku Jumat (21/5) pukul 02:00 waktu setempat.