Gardu Tol Cikarang Utama Mulai Dibongkar 23 Mei Ilustrasi gerbang tol (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Merahputih.com - PT Jasa Marga menyatakan pembongkaran sejumlah gardu tol (GT) Cikarang Utama akan dilakukan mulai 23 Mei dan berakhir 29 Mei 2019. Pembongkaran itu sendiri dilakukan untuk memperlancar arus mudik dan balik serta sistem satu arah saat Lebaran 2019.

"Selama periode tanggal 23-29 Mei tidak semua GT dibongkar tapi hanya empat GT yang dibongkar," ujar GM PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman di Cikarang, Jawa Barat, Senin (20/5).

BACA JUGA: Kendaraan Golongan I Tak Berdampak Pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama

Saat ini di gerbang tol Cikarang Utama terdapat 34 GT yang terdiri 14 GT arah timur (Cikampek) dan 20 GT arah barat (Jakarta).

GT yang nanti akan dibongkar selama 23-29 Mei 2019 adalah GT 13, 15, 17, dan 19 arah timur.

Ia juga memastikan pembongkaran GT tidak akan membuat kemacetan. "Dan akan selesai sebelum puncak mudik," beber Raddy.

Dia mengatakan, secara bertahap seluruh GT Cikarang Utama akan dibongkar dan selanjutnya GT akan berpindah ke dua titik yaitu di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Gerbang Tol Cikampek Utama berada di Kilometer 70 Tol Cikampek yang dibangun untuk melayani para pengguna jalan dari atau menuju timur, ke jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Ilustrasi gerbang tol (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sementara, sebagaimana dikutip Antara, GT kalihurip Utama berada di Kilometer 67 Tol Cikampek yang dibangun untuk melayani para pengguna jalan dari atau menuju selatan, dengan rute Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, dan Padalarang-Cileunyi.

Diprediksi pada tahun ini jumlah kendaraan akan mencapai 150.000 yang akan terbagi sebesar 55 persen ke arah timur, serta 45 persen sisanya menuju ke arah Selatan.

Dirinya optimistis dengan pemindahan GT Cikarang Utara ini maka pelayanan ke masyarakat di kedua ruas tol ini akan meningkat.

“Jumlahnya relatif sama dengan Cikarut. Jumlahnya 30-an gardu tol. Jadi bisa dibayangkan jumlah gardu layanannya 2 kali lipat, dengan trafik yang cuma 55 persen (ke arah timur), karena yang 45 persen sudah keluar di GT Kalihurip Utama," kata Raddy. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH