Den Haag Punya Garasi Besar untuk Sepeda Kota-kota didesain ulang dengan mempertimbangkan pengendara sepeda. (Foto: Unsplash/Max Oh)

JIKA pernah berkunjung ke negeri kincir angin, Belanda, maka kamu akan melihat penggunaan sepeda sangat populer. Di seluruh negeri ini bersilangan dengan jalur sepeda kelas dunia, dan sebagian besar medannya sangat datar. Ada 23 juta sepeda di negeri ini, sementara penduduknya sekitar 17 juta jiwa.

Lumrah jika negara ini menatap ke masa depan pada lanskap ultra-urbannya. Kota-kota didesain ulang dengan mempertimbangkan pengendara sepeda. Sebagai contoh, salah satu garasi parkir sepeda terbesar di dunia baru saja dibuka di kota pesisir Den Haag. Garasi yang sangat stylish ini memiliki ruangan yang mampu menyimpan hingga 8 ribu sepeda.

Baca juga:

Ducati Rilis Sepeda Lipat Listrik

1
Mempermudah akses ke negara lain menggunakan kereta api. (Foto: twitter)

Garasi ini dibangun di bawah alun-alun depan stasiun pusat kota. Garasi yang luas dan terang ini dirancang untuk memudahkan penduduk setempat mengakses tujuannya dengan menyambung menggunakan kereta api. Di dalam, tanda-tanda elektronik menunjukkan kepada pengunjung jumlah ruang kosong di setiap lorong saat mereka berputar.

Sementara dinding kaca yang menyala memberi tempat itu seperti berada di bandara yang sangat modern atau layaknya galeri seni. Tak berkebihan memang karena struktur tersebut terinspirasi oleh karya M.C. Escher, salah satu seniman grafis paling terkenal di negeri itu.

Baca juga:

Keseruan Komunitas Brompton BOAS dan BROMBE Gowes Bareng ke Cafe JTTS di Kemang

2
Berdinding kaca memberi suasana layaknya bandara dan galeri seni. (Foto: oxak)

Dengan menyatukan elemen bagian luar bangunan ikonik Den Haag secara halus, mereka telah menciptakan pemandangan kota yang bercahaya mirip dengan karyanya. Mereka mengambil inspirasi dari kesan yang didapat dari bersepeda melintasi kota dengan kecepatan tinggi. (lgi)

Baca juga:

Mungil Tapi Mahal, 5 Merek Sepeda Lipat dengan Harga Fantastis

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard