Selebritas

Gara-Gara Ucapan, Nadin Amizah Mendadak Viral

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 19 Januari 2021
Gara-Gara Ucapan, Nadin Amizah Mendadak Viral
Ucapan Nadin Amizah mendadak viral karena dianggap menyinggung. (Foto Twitter@rahasiabulan)

HATI-hati dengan ucapan. Perkataan yang keluar dari mulutmu bisa jadi senjata makan tuan. Sebab makna yang ingin disampaikan mungkin berbeda dengan yang ditangkap orang lain. Apalagi ketika berpendapat di ranah publik seperti media sosial. Inilah yang terjadi pada musisi muda Nadin Amizah.

Penyanyi pemenang AMI Awards itu tengah menghebohkan jagad maya karena video wawancaranya. Semua dimulai ketika Nadin diundang menjadi bintang tamu podcast YouTube Deddy Corbuzier yang dirilis pada Rabu (13/1). Dalam kesempatan itu, Deddy dan Nadin sempat membahas masalah kekayaan. Perbincangan muncul ketika Deddy menyarankan Nadin untuk mencari lelaki yang disukai, tapi juga kaya secara material. Penyanyi kelahiran 2000 itu setuju, bahkan mengungkit didikan ibunya mengenai hal kekayaan.

BACA JUGA:

'Love Spells Live Version', Jadi Penawar Rindu Konser untuk Sivia Azizah


"Menurut aku saat seseorang itu miskin, dalam artian miskin ekonomi ya, bukan miskin bahagia dan lain-lain. Mereka tertekan secara ekonomi. Mereka bisa jadi balik lagi 'projecting'nya malah ke hal-hal yang enggak baik," ungkap Nadin memulainya. Namun bukan penggalan ini yang membuat warganet geram. Setelahnya, Nadin mengungkapkan kalimat ambigu yang maknanya mungkin tidak tersampaikan dengan baik pada penonton.

nadin maizah
Tampil dalam podcast YouTube Deddy Corbuizer, Nadin Amizah hal kontroversial. (Foto YouTube Deddy Corbuzier)

"Jadilah orang kaya karena karena kalau kamu kaya, kamu akan lebih mudah menjadi orang baik. Dan saat kita miskin, rasa benci kita terhadap dunia tuh sudah terlalu besar sampai kita enggak punya waktu untuk baik ke orang lain," jelasnya.

Kemudian Deddy menambahkan ucapan Nadin dengan mengatakan bahwa tidak semua orang miskin seperti itu, namun bisa menjadi seperti itu. Lebih lanjut, presenter TV itu juga setuju dengan pendapat Nadin karena ketika seseorang kaya secara finansial, artinya mereka bisa membantu banyak orang.

Pendapat pelantun Rumpang itu langsung menuai berbagai reaksi. Beberapa mendukung opini Nadin, namun tak sedikit pula yang langsung mengecamnya. Menurut sebagian orang, Nadin seolah menganggap bahwa orang dengan tingkat ekonomi rendah tidak bisa berbuat baik pada orang lain.

nadin amizah
Sayangnya, banyak tidak setuju dengan opini Nadin dan mengkritiknya dengan tajam. (Foto Instagram@cakecaine)

Kutipan kontroversial tersebut langsung ramai diperbincangkan sampai-sampai membuat nama Nadin sempat ada di posisi pertama 'Indonesian Trends' Twitter. "Mengatakan bahwa mereka yang hidup dalam kemiskinan terlalu sibuk membenci kehidupan mereka sendiri untuk menjadi baik adalah suatu hal yang klasik dan kasar. Banyak orang yang enggak punya duit dan baik serta mikirin orang," cicit pengguna @firstlovedrop. Lainnya menyayangkan pemilihan kata Nadin karena membawa-bawa istilah miskin.

Akan tetapi, ada pula yang membela dan mengatakan bahwa ucapan Nadin tidaklah salah. Bahkan seharusnya bisa dijadikan motivasi untuk berjuang lebih keras agar bisa sukses dan bisa membantu banyak orang. "Ketika kita punya harta, (kita) punya kemampuan untuk membantu membuat perubahan. Mengucap miskin bukan berarti menghina orang-orang yang miskin," cuit @dlhydo. Sementara 'netizen' lain yang mendukung Nadin karena pernah berada di titik finansial terendah. Dan ketika berada di posisi tersebut, naif rasanya jika tidak ada rasa iri, marah, dan kesal.

Menanggapi berbagai kritikan tersebut, Nadin langsung buka suara dengan menulis sejumlah 'tweet' di akun pribadinya @rahasiabulan. "Terima kasih telah menghubungi saya tentang ini. Ya, saya menyadari kata-kata saya menyinggung dan oleh karena itu saya minta maaf. Dan mengenai apa yang saya katakan, itu adalah pendidikan yang saya dapatkan dari ibu saya," terang Nadin. Menurutnya, sang bunda selalu menuntunnya untuk berusaha melakukan yag terbaik dan mendapatkan sebanyak yang dia bisa. Harapannya dengan penghasilan yang dimiliki, Nadin bisa membantu lebih baik daripada ketika dia tidak punya uang.

nadin amizah
Pendapat Nadin Amizah mengenai ucapan kontroversialnya. (Foto Twitter@rahasiabulan)

Lebih lanjut, penyanyi kelahiran Bandung itu mengatakan opininya berdasarkan pengalaman dan pendapatnya sendiri, namun dia menyadari bahwa pendapatnya memang sangat bias dan sempit. Tapi itu bukan alasan bagi warganet untuk menyerangnya dengan kalimat jahat. "Untuk yang paham dan sejalan sama opiniku, oke. Untuk yang beda pendapat dan punya opini lain juga oke. Opiniku bias, pun juga opini semua orang. 'We can agree to disagree' tanpa memberi saya ancaman pembunuhan dan bertanya pada saya kapan saya akan melompat dan bunuh diri bukan?" tulisnya.

Inilah alasan mengapa kita perlu berhati-hati saat berbicara karena apa yang kita katakan bisa berbalik menyerang diri sendiri. Namun perlu dicatat bahwa semua orang bebas beropini dan memiliki perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Jadi ketika ingin mengkritik seharusnya bisa disampaikan dengan lebih baik agar tidak menyakiti orang lain. (Sam)

#Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan