Gara-Gara Pilpres, Nama Dua Sekolah Dasar Ini Mendadak Viral di Media Sosial SDN Kudu 01, Desa Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (21/3) (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Pilpres 2019 yang tinggal menghitung hari membuat pendukung pasangan nomor urut 01 dan 02 gemar menebar 'cocokologi' untuk mengatrol popularitas jagoannya. Semua yang berhubungan dengan 01 dan 02 direkayasa sedemikian rupa sehingga viral di media sosial.

Kali ini, kedua sekolah dasar negeri di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah jadi sasaran 'cocokologi'. Nama SDN Kudu 01 dan SDN Kudu 02 di Desa Kudu, Kecamatan Baki mendadak viral setelah sejumlah warganet dari pendukung Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi mengunggahnya ke linimasa twitter, facebook dan instagram.

Seorang guru SDN Kudu 01 yang ditemui merahputih.com mengaku kaget, lantaran sekolahnya dikait-kaitkan dengan Jokowi-Ma'ruf. Padahal para muridnya adalah anak-anak kecil yang nota bene belum memiliki hak pilih.

"Sebagai sekolah di desa tidak habis pikir SDN Kudu 01 bisa menjadi sorotan publik. Banyak orang mengaitkan sekolah SDN Kudu 01 mendukung pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf Amin," ujar Guru SDN Kudu 01, Nuruh Komariyah di Sukoharjo, Kamis (21/3).

SDN Kudu 02 di Sukoharjo
SDN Kudu 02, Desa Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (21/3) (MP/Ismail)

Pihak sekolah juga tak tahu siapa yang pertama kali mengunggah foto-foto sekolah itu di medsos. Bahkan foto-foto menyebar di grup Whatsapp sampai sekarang.

"Kudu itu dari bahasa Jawa. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, Kudu memiliki arti harus," kata dia.

Kehebohan itu tidak hanya terjadi di kalangan guru. Beberapa siswa juga ada yang membicarakan viralnya foto sekolah itu. Penamaan sekolah SDN Kudu 01 sesuai dengan nama desa setempat.

"Di Desa Kudu ada dua SDN Kudu 01 dan SDN Kudu 02. Sekolah SDN Kudu 01 berdiri sejak tahun 1949. Jadi nama sekolah itu tidak dibuat buat" tutur dia.

Sementara itu, Guru SDN Kudu 02, Danang Kustanto, mengaku pada awalnya tidak tahu bahwa foto sekolah menjadi viral di medsos. Selama bertahun-tahun, baru sekali ini SDN Kudu 02 mendadak terkenal di medsos.

"Banyak orang yang tiba-tiba berfoto selfie di depan sekolah dengan tulisan papan nama sekolah. Ternyata dari sini banyak yang upload ke medsos," kata Danang Kustanto.

Ia menambahkan SD Kudu 02 berdiri pada 1985 silam. Jarak antara sekolah SDN Kudu 01 dan SDN Kudu 02 hanya beberapa ratus meter. Hal ini yang kemudian dianggap unik oleh warga.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Konflik Produk Minyak Sawit Indonesia-Uni Eropa Akan Diselesaikan Lewat WTO



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH