Gara-Gara Pandemi, Aturan Oscar 2021 Diubah Oscar 2021 punya aturan yang beda. (foto: oscar.go.com)

PANDEMI global mengubah banyak hal. Perubahan terbaru terjadi pada aturan piala Oscar. Setelah terbit kekhawatiran terkait dengan kemungkinan pelaksanaan Oscar di tahun depan, pihak Academy Award mengeluarkan pernyataan bahwa ajang bergengsi penghargaan bagi insan film itu tetap digelar. Namun, beberapa penyesuaian telah dibuat.

Pihak The Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengumumkan di akun Twitter mereka, Selasa (28/4), bahwa ajang Oscar akan digelar pada 28 Februari 2021. Selain itu, pihak Academy mengumumkan sebuah perubahan besar pada ajang mendatang, yakni pengikutsertaan film yang ditayangkan streaming untuk kategori best picture. Aturan sebelumnya mengharuskan film streaming tayang di bioskop paling tidak selama tujuh hari untuk bisa masuk ke kategori tersebut.

BACA JUGA: Bosan #DirumahAja? Yuk Coba Tutorial Make-Up Ala Lana Condor, Kim Kardashian dan Rihanna

Namun, fakta bahwa pandemi COVID-19 membuat banyak bioskop ditutup di seluruh dunia membuat Academy mengubah aturan itu. "Hingga pemberitahuan selanjutanya, hanya untuk Oscar 2021, film yang tadainya direncanakan dirilis di bioskop, tapi dibuat tersedia secara streaming atau dalam layanan video on demand bisa bersaing di kategori best picture," ujar pihak Academy di situs web mereka.



Selain itu, pihak Academy mengharuskan film yang akan ikut bersaing agar sudah tersedia di ruang screening Academy dalam waktu 60 hari. Demikian juga ketersediaan film untuk streaming ataupun video on demand. Aturan baru ini hanya akan berlaku untuk Oscar 2021. "Pihak Academy amat percaya bahwa tak ada cara terbaik untuk menikmati keajaiban film ketimbang menontonnya di bioskop. Komitmen kami pada hal itu tetap tak berubah," kata Presiden Academy David Rubin.

black widow
Black Widow, salah satu film Marvel yang diundur. (foto: IMDB)

Sejak kasus corona merebak di AS dan secara global, studio film telah mengubah jadwal rilis produksi mereka. Marvel Studio, misalnya, mengundurkan jadwal rilis film mereka, semisal Black Widow, The Eternals, dan Thor: Love and Thunder. Sementara itu, Disney mengundurkan jadwal tayang beberapa film mereka. Film Mulan resmi digeser hingga 24 Juli mendatang.

Jalan berbeda ditempuh Universal. Mereka memilih merilis film animasi Trolls World Tour di platform digital.(dwi)

BACA JUGA: Sejumlah Festival Film Bergengsi Dunia Bakal Pindah ke YouTube, Ditayangkan Gratis!


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH