Gara-gara Hal Ini UIN Sunan Ampel Tak Izinkan Kedatangan Mensos Khofifah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya tidak memberi izin penggunaan gedung untuk kegiatan Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jawa Timur yang sebenarnya telah mengundang Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai salah satu pembicaranya.

Rektor UIN Surabaya Abdul A'la mengatakan, tidak diizinkannya penggunaan gedung untuk kegiatan yang telah mengundang Menteri Sosial itu karena ada pemadaman listrik di kampus.

Kegiatan tersebut semestinya berlangsung hari ini. Ketua Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jawa Timur Nafisatul Qudsiyah mengatakan telah memesan gedung Aula UIN Surabaya sejak sebulan yang lalu, dengan menggandeng Dewan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat di kampus setempat.

"Kegiatan berlangsung hari ini karena menyesuaikan jadwal Ibu Menteri Sosial," kata Abdul A'la seperti dikutip Antara.

Dia menegaskan undangan kepada Khofifah untuk menjadi pembicara pada acara ini adalah sebagai Menteri Sosial, bukan sebagai Calon Gubernur Jawa Timur.

"Selain itu Bu Khofifah adalah mantan Ketua Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pusat. Kami kader-kadernya ingin belajar kepada beliau sebagai perempuan inspiratif," ujarnya.

A'la menjawab konfirmasi melalui pesan di media sosial karena sedang berada di New Delhi, India, menghadiri acara konferensi internasional.

Dia menegaskan tidak diizinkannya penggunaan gedung yang telah dipesan pihak Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jawa Timur sejak jauh hari itu bukan karena alasan politik.

"Kebetulan pada hari ini ada pemadaman listrik di kampus karena perbaikan. Maka dengan alasan apapun tentu tidak bisa difasilitasi," katanya.

Terhadap para calon gubernur peserta Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018, A'la malah menyatakan berkeinginannya memfasilitasi tempat untuk menyampaikan visi dan misi mereka.

"Nanti kalau sudah waktu kampanye akan kami upayakan kepada semua calon bisa menyampaikan visi, misi, dan program mereka di UIN Surabaya," ujarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH