Gara-Gara Corona, Piala Oscar 2021 Terancam Ditunda Piala Oscar 2021 amat mungkin akan ditunda. (Foto Screenrant

AJANG penghargaan film bergengsi Hollywood, Piala Oscar, menjadi salah satu acara tahunan yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Pasalnya, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences mungkin akan menunda malam penghargaan Oscar ke-93. Sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan ajang yang tadinya akan digelar pada 28 Februari 2021 ini masih jauh dari kenyataan.

Apabila Piala Oscar 2021 ditunda, Academy akan menunda ratusan acara, film, dan konvensi yang telah dipersiapkan. Salah satu alasan Piala Oscar 2021 ditunda ialah situasi global yang tidak memungkinkan berkumpul di suatu tempat. "Sepertinya itu akan ditunda,” kata salah satu sumber kepada laman Variety.

BACA JUGA: Gara-Gara Pandemi, Aturan Oscar 2021 Diubah


Namun, sumber tersebut mengatakan bahwa hal rinci lainnya, seperti tanggal terbaru atau bahasan lainnya terkait Piala Oscar 2021 belum resmi diusulkan. Sampai saat ini, ajang tersebut akan diselenggarakan pada 29 Februari 2021 dan disiarkan secara langsung di stasiun televisi ABC.


Ketika perubahan sementara terkait kelayakan Oscar yang diumumkan April lalu akibat COVID-19, Presiden Academy David Rubin mengatakan masih terlalu dini untuk tahu bagaimana siaran Oscar 2021 bisa berubah. "Tidak mungkin mengetahui lanskap apa yang terjadi. Kita tahu, kita ingin merayakan film, tapi kita tidak tahu pasti bentuk apa yang akan dipilih,” ujar Rubin.

oscar 2021
Syarat film yang bisa masuk nominasi Oscar adalah sudah rilis di bioskop selama tujuh hari. (Foto Screenrant)

Meskipun Oscar akan diselenggarakan sembilan bulan lagi, Academy berada dalam posisi yang unik. Pertama, Oscar melibatkan tidak hanya sekian banyak orang, tetapi juga ratusan orang yang bekerja di belakang layar dan itu menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, kita juga tidak mengetahui berapa banyak film yang telah memenuhi syarat. Seperti yang diberitakan, untuk bisa masuk dalam nominasi Oscar, film harus dirilis di bioskop setidaknya selama tujuh hari.


Namun untuk tahun ini, film yang rilis secara digital juga bisa mengikuti kompetisi Oscar jika sudah memiliki rencana untuk merilisnya di bioskop. Perubahan itu termasuk diperbolehkannya Oscar digelar di New York, Chicago, Miami, dan Atlanta serta the Bay Area. Namun hingga saat ini, pihak penyelenggara Oscar belum memberikan komentar terkait hal itu. (And)

BACA JUGA: Karena COVID-19, Ini Prediksi Pemenang dan Nominasi Piala Oscar 2021


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH