Gara-gara Berburu, Salman Khan Akan dipenjara selama lima tahun Salman Khan (Instagram/beingsalmankhan)

PENGADILAN India menjatuhi hukuman lima tahun penjara kepada superstar Bollywood, Salman Khan, Kamis, (5/4). Ia didakwa lima tahun penjara karena melakukan perburuan antelop langka selama 20 tahun. Pengadilan di Jodhpur juga mendenda ia sebesar 10.000 rupee atau setara dengan Rp 2.125.100 untuk kejahatan tersebut.

Ia memburu dan membunuh dua blackbuck, spesies yang dilindungi di barat Rajasthan saat syuting film Hum Saath Saath Hain. Blackbuck atau lebih dikenal sebagai antelop hitam merupakan hewan langka yang hidup dipadang rumput dan dapat ditemukan di India, Nepal, dan Pakistan. Di India, hewan ini terdapat di Kanha National Park, Ranthambore National Park, Corbett National Park, Bharatpur Bird Sactuary, Gir National Park, Velavadar Blackbuck National Park dan Bandhavharh National Park.

Empat aktor lainnya, Saif Ali Khan, Tabu, Sonali Bendre dan Neelam Konthari yang juga membintangi film yang sama dan diduga melakukan pelanggaran telah dibebaskan karena kurangnya bukti. Aktor berusia 52 tahun tersebut dapat mengajukan banding di mahkamah tinggi namun harus menghabiskan waktu beberapa hari di penjara.

Blackbuck (Pinterest/PublicDomainPictures)
Blackbuck (Pinterest/PublicDomainPictures)

Ini bukanlah pertama kalinya Khan melakukan perburuan liar. Kasus ini merupakan kasus keempatnya sejak pembuatan film tahun 1998. Menurut informasi yang dilansir BBC News Delhi, pada 2006 pengadilan setempat pernah mengadili ia dalam dua kasus perburuan dan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara. Namun pengadilan tinggi Rajasthan menangguhkan hukuman tersebut di tahun berikutnya.

Kasus perburuan tersebut diajukan oleh komunitas Bishnoi yang memuja blackbuck. Hewan dengan nama latin Antelope Cervicapra tak hanya dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar tetapi juga dianggap hewan suci oleh Kaum Bishnoi, Rajasthan. Berdasarkan informasi dari NDTV, Kaum Bishnoi di Jodhpur menganggap blackbuck sebagai reinkarnasi dari guru agama mereka, Bhagwan Jambeshwar yang juga dikenal sebagai Guru Jambhoji.

Guru Jambhoji yang lahir pada 1451 mengajarkan 29 perintah kebajikan antara lain penebusan dosa, memerangi kejahatan sosial, perlindungan hak wanita, pelestarian satwa liar dan berbuat baik terhadap hewan. Itulah sebabnya Kaum Bishnoi dikenal akan kecintaannya terhadap alam dan konservasi satwa liar. Mereka juga mengorbankan hidup mereka untuk menyelamatkan blackbucks. Hal itulah yang mendorong kaum Bishnoi untuk melaporkan Salman Khan. (Avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH