K-Pop
Ganteng Maksimal, Aktor Korea ini Dikenal sebagai 'Raja Iklan' Aktor top seperti Park Seo-joon laris sebagai bintang iklan (Foto: Chamisul)

WAJAH menawan memang cara terbaik untuk menarik minat konsumen. Jadi enggak mengherankan jika para aktor Korea laris manis jadi bintang iklan. Para aktor papan atas di Korea Selatan nyatanya tidak hanya meraup bayaran besar per episode drama hit. Tak sedikit aktor jadi yang paling dicari untuk mengiklankan sebuah produk. Sudah pasti, kesepakatan dukungan atau brand ambasador membuat kantong mereka makin tebal.

Ada alasan di balik kepopuleran mereka sebagai duta merek paling populer di Korea Selatan. Berikut alasannya dan seberapa baik mereka mengelola gelar sebagai raja duta merek.

BACA JUGA:

Wajib Ditonton! Drama Korea Tentang Kehangatan Keluarga

1. Kim Soo-hyun

kim soo-hyun
Kim Soo-hyun untuk iklan ponsel pintar.(Foto: Samsung)

Kim Soo-hyun merupakan aktor Korea dengan bayaran tertinggi. Ia disebut mendapatkan uang sebesar US$165.000 per episode untuk drama It’s Okay Not To Be Okay. Bukan hanya menjadi andalan untuk drama hit, Soo-hyun juga menjadi favorit untuk sejumlah brand.

Berdasarkan Pop Culture Asia, normal bagi Soo-hyun untuk menjadi duta merk untuk 17 produk atau lebih secara bersamaan.

Ia muncul di banyak merk Korea. Ia dipercaya sebagai brand ambassador untuk layanan bank, produk kecantikan, hingga kebutuhan rumah tangga. Untuk merek luar negeri, ia pernah digaet merek ternama seperti Hyundai, Samsung, Pizza Hut, dan Coca-Cola.

2. Hyun Bin

hyun bin
Hyun Bin tetap laris meski akan masuk wamil. (Foto: 1st Look)

Pada 2011, Hyun Bin melakukan langkah berani dengan mendaftar dinas militer, padahal saat itu ia sedang di puncak ketenarannya. Aturan tidak tertulis industri hiburan Korea yang melarang penggunaan aktor yang akan segera berangkat untuk wajib militer tidak berlaku untuk Hyun Bin. Deretan merek terus mengejarnya untuk menjadikannya brand ambassador meskipun mengetahui pendaftaran militernya semakin dekat.

Setelah keluar dari wajib militer, Hyun Bin kembali mencatatkan diri sebagai 'Raja Iklan' pada tahun 2013. Ia terus menduduki puncak daftar nilai merek untuk tahun-tahun mendatang. Hyun Bin telah muncul di iklan Kia Motors, Samsung TV, dan Lexus. Selain itu, ia juga mendukung produk rambut Korea, merek kopi, hingga perlengkapan luar ruangan. Tahun ini, Hyun Bin telah muncul di iklan masker Mediheal, Bodyluv, suplemen HL Science, kolagen Amado Thailand, dan layanan seluler Komunikasi Cerdas Filipina.

3. Lee Min-ho

lee min-ho
Wajah Lee Min-ho dengan cepat bisa menjual apa saja.. (Foto: Georgia Gotica)

Setelah kesuksesan Boys Over Flowers, wajah Lee Min-ho dengan cepat bisa menjual apa saja. Ia dipercaya merek pakaian, produk makanan, telepon seluler, dan perusahaan telepon.

Drama terbarunya, The King: Eternal Monarch juga diisi dengan produk-produk bersponsor. Terlepas dari kritik dari pemirsa yang menganggap penempatan produk terlalu blak-blakan, aktor tersebut tetap membuktikan kekuatan penjualannya. Misalnya rantai makanan cepat saji BBQ Chicken, mampu meningkatkan penjualannya menjadi 550.000 makanan ayam hanya dalam satu bulan setelah kemunculannya dalam drama, seperti dilaporkan IBTimes.

Min-ho sekarang mendukung Promiz, sebuah platform donasi, Domino's Pizza, dan masker LED Cell Return yang populer (juga sering ditampilkan dalam dramanya) bersama dengan aktor Kang So-ra dan Park Seo-joon. Sebelumnya, ia pernah dipercaya untuk brand Kia Motors, Etude House, hingga Lotte Duty Free.

4. Park Bo-gum

ParkBo-gum
Status 'Pacar Bangsa' dan 'Menantu Bangsa' membuat Park Bo-gum sukses jadi 'Raja Iklan'. (Foto: CJ)

Statusnya sebagai 'Pacar Bangsa' dan 'Menantu Bangsa' membuatnya menjadi bintang iklan favorit. Pengaruhnya menjangkau demografis yang luas dan menarik berbagai kelompok usia yang berbeda. Dia dielu-elukan sebagai 'Raja Iklan' dan telah mendukung merek global seperti Coca-Cola, Samsung, dan K-Swiss. Ia juga dipercaya untuk merek Korea seperti aplikasi perpesanan KakaoTalk.

Bo-gum juga terkenal karena penggunaan perspektif orang pertama dalam pembuatan iklan. Itu merupakan teknik saat seorang aktor berbicara dan melihat langsung melalui kamera, agar pemirsa merasa lebih dekat dengannya, seolah-olah dia duduk tepat di seberangnya.

5. Park Seo-joon

park seo-joon
Citra masa muda yang sehat membuat Park Seo-joon laris dikontrak iklan. (Foto: Dr. Jart+)

Kesuksesan drama What's Wrong With Secretary Kim di 2018 membuat Park Seo-joon menduduki puncak daftar model iklan yang paling disukai menurut Korea Broadcast Advertising Corporation (Kobaco). Laporan yang sama, dikutip Soompi, mengklaim Seo-joon sangat dicintai karena citra masa mudanya yang sehat. Hal tersebut membuat ia tidak hanya menarik bagi perempuan. Laki-laki yang lebih muda darinya juga mengaguminya.

Berdasarkan feed Instagram terlihat banyak merek yang ia promosikan. Mulai dari fesyen, layanan kartu kredit hingga F&B. Seo-joon juga telah mendukung merek mewah Montblanc, merek kecantikan Laneige, dan Dr Jart +.(Avia)

BACA JUGA:

Desember, Serial WandaVision Dirilis Disney+

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Santan Bantu Percantik Rambut
Fun
Santan Bantu Percantik Rambut

Santan memiliki kandungan lemak, protein, sodium, besi, kalsium, fosfor, dan potasium.

Bayu Skak Ajak Wawali Surabaya Main Film
ShowBiz
Bayu Skak Ajak Wawali Surabaya Main Film

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji berperan sebagai guru di film berjudul Lara Ati.

Keseruan Kunto Aji Hingga Ten2Five di Jazz Goes to Campus
Hiburan & Gaya Hidup
Keseruan Kunto Aji Hingga Ten2Five di Jazz Goes to Campus

Sejumlah musisi ternama Indonesia tampil di Jazz Goes to Campus, Dari mulai Kunto Aji, Fariz RM, Ten2Five dan masih banyak lagi

Ponsel Pintar Masa Depan akan Dilengkapi Pendeteksi COVID-19
Fun
Ponsel Pintar Masa Depan akan Dilengkapi Pendeteksi COVID-19

peneliti akan mengembangkan sebuah teknologi sensor untuk disematkan pada ponsel pintar, yang nantinya dapat digunakan untuk mendeteksi COVID-19.

Belanja Sambil Dapat Tips Parenting di E-commerce
Fun
Belanja Sambil Dapat Tips Parenting di E-commerce

Beragam ilmu parenting menanti moms di e-commerce ini.

Kolaborasi Langka Bob Dylan dan George Harrison Bakal Rilis 2021
ShowBiz
Kolaborasi Langka Bob Dylan dan George Harrison Bakal Rilis 2021

Kolaborasi ini akan berbentuk album box set bertajuk Bob Dylan – 1970.

Album Baru The Killers Siap Dirilis
ShowBiz
Album Baru The Killers Siap Dirilis

The Killers resmi mengonfirmasikan bahwa mereka telah menyelesaikan album baru mereka dan direncanakan rilis 2021 ini.

3 Action Figure Rapper Terbaik Sepanjang Masa
ShowBiz
3 Action Figure Rapper Terbaik Sepanjang Masa

Ada yang dijual kembali sampai 50 juta

Ini Alasan Kuat Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kenangan Terindah'
ShowBiz
Ini Alasan Kuat Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kenangan Terindah'

Melanjutkan #RencanaHebat, Geisha merilis lagu 'Kenangan Terindah' yang sebelumnya di populerkan oleh grup band Samsons

Mengenal 'Dari Halte Ke Halte', Rujukan 'Street Food' Nikmat Warga IbuKota
Fun
Mengenal 'Dari Halte Ke Halte', Rujukan 'Street Food' Nikmat Warga IbuKota

Tempatnya cara rekomendasi street food terbaik Jakarta.