Ganjil Genap Ditiadakan Saat PSBB Total, Polisi Tunggu Kepastian Anies Polisi menindak pelanggar yang terjaring dalam Operasi Patuh Jaya 2020 di Jalan Kemayoran, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/HO/Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat)

Merahputih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum mengambil langkah lebih lanjut soal peniadaan ganjil genap meski penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diberlakukan di Jakarta

Polisi masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI soal peniadaan ganjil genap tersebut.

"Kita tunggu keputusan resmi Gubernur soal penerapan ganjil genap," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (10/9).

Baca Juga

Pelanggar Protokol Kesehatan di Sidoarjo Disanksi Berdoa di Makam Korban COVID-19

Ia belum mengetahui apakah Peraturan Gubernur (Pergub) yang diterapkan dalam PSBB kali ini masih sama dengan sebelumnya. "Kita masih menunggu,Pergub berapa yang mau diterapkan," ucapnya.

Dengan diterapkannya PSBB total sejak Senin depan itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum dapat memastikan apakah aturan ganjil genap kendaraan di 25 ruas jalan di Jakarta, akan tetap diterapkan atau ditiadakan kembali.

“Kami masih menunggu Pergub mana yang akan digunakan untuk PSBB Senin nanti. Apakah Pergub yang lama atau ada Pergub baru,” kata Sambodo.

Polisi menindak pelanggar dalam Operasi Patuh Jaya di Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/HO/Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat)
Polisi menindak pelanggar dalam Operasi Patuh Jaya di Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/HO/Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat)

Menurut Sambodo dari sana akan dapat dipastikan dan dilihat apakah ganjil genap tetap diterapkan atau ditiadakan kembali.

“Pergub mana yang akan digunakan, menjadi acuan kita untuk bertindak di lapangan. Jadi Hari Minggu nanti, setelah ada aturan, akan kami umumkan apakah ganjil genap berlanjut atau ditiadakan kembali,” paparnya.

Saat ini ganjil genap tetap berlaku sampai Jumat (11/9). “Untuk Sabtu dan Minggu memang ditiadakan. Nah, untuk Senin depannya, apakah ganjil genap tetap berlaku atau ditiadakan, akan kami umumkan hari Minggu, setelah ada aturannya,” kata Sambodo.

Baca Juga

Reza Artamevia Akui Empat Bulan Konsumsi Sabu

Seperti diketahui, Anies memutuskan untuk menarik rem darurat dan kembali menerapkan PSBB. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yakni ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tingkat kematian yang tinggi.

Keputusan ini juga mengikuti aturan Presiden Joko Widodo yang meminta kesehatan lebih dipentingkan. Diketahui, PSBB transisi di DKI Jakarta berakhir pada Kamis (10/9), ini. PSBB transisi ini telah diberlakukan sejak 5 Juni 2020 lalu. PSBB transisi mulanya dilaksanakan selama 28 hari atau sampai 2 Juli 2020. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH