Ganjar Usulkan Polisi Jujur Hoegeng Sebagai Pahlawan Nasional Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemprov Jawa Tengah mengusulkan tiga nama tokoh besar Indonesia sebagai pahlawan nasional. Ketiganya adalah mantan Kapolri yang dikenal publik sebagai polisi jujur, Jendral Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso, dr Kariadi, dan Prof. Dr Soegarda Poerbakawatja.

Usulan tiga nama tokoh besar Indonesia sebagai Pahlawan Nasional tersebut telah ditandatangani pada Selasa, 16 Juni 2020. Surat bernomor 464/0009043 tersebut tertuju kepada Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara.

Baca Juga

Eks Menristek Sedih Ada Orang Diperiksa Polisi Gegara Guyonan Gus Dur

"Ketiga Pahlawan Nasional yang kami usulkan tersebut masing-masing berasal dari wilayah Jawa Tengah, yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, dan Kota Semarang," ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Sabtu (20/6).

Sebelum mengusulkan ketiganya, Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jawa Tengah melakukan kajian mendalam. Hasilnya ketiganya dinyatakan memenuhi persyaratan yang berlaku.

"Saya setujui dan langsung menandatangani berkasnya untuk dikirimkan ke Mensos," kata dia.

Ganjar mengatakan nama Hoegeng oleh Pemkot Pekalongan dijadikan sebagai nama stadion. Sedangkan dr Kariadi dijadikan nama RSUP di Semarang dan Dr Soegarda sekarang dipakai untuk museum di Purbalinggga.

"Banyak pertimbangan yang dilakukan untuk pengusulan itu. Semua pertimbangan saya cek telah detil dilakukan dari bawah," tutur dia.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau proyek PLTS di Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Masyarakat Jawa Tengah, juga mengusulkan agar ketiganya mendapatkan gelar pahlawan nasional. Setelah itu, nantinya Kemensos akan menindaklanjuti verifikasi berkas di lapangan.

"Pada akhirnya nanti Sampai pada Sekmil Presiden yang nanti akan memutuskan terakhir. Kami hanya meneruskan pengusulan saja," katanya.

Dari surat usulan tersebut, mereka dinilai layak menyandang gelar pahlawan nasional. Ia mencontohkan Jenderal Hoegeng misalnya, Dia dinilai telah berjasa dan mengabdi pada bidang kepolisian republik Indonesia. Ia juga dinilai sebagai suri tauladan dalam sikap jujur, berintegritas dan anti KKN.

"Namanya juga telah dipakai di sejumlah fasilitas publik diantaranya nama jalan di Jabar dan nama rumah sakit bhayangkara di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Baca Juga

Netizen '3 Polisi Tak Bisa Disuap' Digarap Polisi, GUSDURian: Membungkam Kebebasan Berpikir

Sementara Soegarda Poerbakawatja dinilai telah berjasa dan mengabdi pada bidang pendidikan nasional yang berlangsung hampir sepanjang hidup dan melebihi tugas yang diembannya. Demikian Dr Kariadi dinilai telah berjasa dan mengabdi dalam bidang kesehatan masyarakat.

"Dia (Dr Kariadi) Ikut pertempuran lima hari di Semarang. Jadi sangat layak dapat gelar pahlawan nasional," tutup Ganjar. (Ism)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH