Ganjar Pranowo Penuhi Panggilan KPK

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 05 September 2017
Ganjar Pranowo Penuhi Panggilan KPK
Ganjar Pranowo saat bersaksi di sidang e-KTP, Pengadilan Tipikor Jakarta. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedianya, Ganjar bakal diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, yang ditaksir merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu tiba di gedung KPK sekitar pukul 13.00 WIB. Ganjar tak banyak bicara terkait pemeriksaannya sebagai saksi untuk tersangka Ketua DPR Setya Novanto, Selasa (5/9).

"Tergantung pertanyaannya nanti (saat diperiksa penyidik KPK)," kata Ganjar di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/9).

Politi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan bakal memberikan keterangan usai diperiksa. Ganjar pun meminta awak media untuk menunggunya.

"Nanti, ya, tunggu saja di sini," tandasnya.

Ganjar sudah beberapa kali diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi, yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun ini. Ganjar juga sudah dihadirkan di persidangan terdakwa Irman dan Sugiharto.

Saat menjadi saksi di sidang Irman dan Sugiharto, Ganjar mengaku sempat diminta oleh Setnov agar tak galak-galak mengkritisi proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun, saat masih dibahas di Komisi II.

Ganjar dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto, disebut menerima uang dari proyek e-KTP sebesar US$ 520 ribu. Jaksa penuntut umum KPK dalam surat tuntutan Irman dan Sugiharto meyakini uang tersebut diterima Ganjar.

Ganjar telah membantah menerima uang hasil korupsi proyek pengadaan e-KTP. Dia mengakui memang sempat beberapa kali ditawarkan uang terkait proyek tersebut.

Selain memanggil Ganjar, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan untuk politikus PDIP lainnya, yakni Arif Wibowo. Anggota DPR dari Fraksi PDIP itu juga bakal diperiksa sebagai saksi untuk Setnov. (Pon)

Baca juga berita terkait Ganjar Pranowo di: Ganjar Pranowo Bantah Tawar-Menawar Jatah E-KTP

#Ganjar Pranowo #Kasus Korupsi #KPK #E-KTP
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan