Ganjar Pranowo: Pembahasan Proyek e-KTP di DPR Berjalan Wajar Ganjar Pranowo usah pemeriksaan oleh KPK terkait kasus korupsi e-KTP, Selasa (4/7). (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo memenuhi panggilan Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bersaksi dalam kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Ketua Majelis Hakim Jhon Halasan Butar-butar menanyakan apakah dalam rapat dengan Komisi II‎ disimpulkan agar grand design tentang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam e-KTP segera direalisasikan dan dilaporkan ke DPR.

"Grand design SIAK agar segera direalisasikan dan dilaporkan ke DPR. Benar itu kesimpulannya?" tanya Hakim Jhon di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (13/10).

"Ketika akan bangun SIAK, sistem apa yang akan dipakai, dari sinilah biasanya anggota saling tanya dan ditanya grand design itu sudah ada," jawab Ganjar.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, proses pembahasan proyek e-KTP di DPR berlangsung wajar. ‎Ganjar mengaku baru mengetahui proyek ini sarat kejanggalan ketika kasus korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun ini dibongkar oleh KPK.

"Kalau dalam proses semua berlangsung wajar karena ada grand desain‎. Kita undang dari Sandi Negara, pemerintah undang ahli, lalu mereka yakinkan sistem ini akan berjalan dengan baik," ungkap Ganjar.

"Kalau enggak salah akan ada 22 kepentingan yang nantinya dapat menjadi mudah kalau sistem ini berjalan," tambahnya.

Diketahui, sebelumnya Ganjar juga telah dihadirkan sebagai saksi dalam kasus ini untuk terdakwa dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto pada 30 Maret silam. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sidang e-KTP, Ganjar Pranowo Akui Pernah Ditawari Uang oleh Mustokoweni

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH