Ganjar Optimistis TNI dan Polri Bersikap Netral pada Pemilu 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 08 Desember 2023
Ganjar Optimistis TNI dan Polri Bersikap Netral pada Pemilu 2024
Capres Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo optimistis institusi TNI dan Polri bersikap netral serta berpegang teguh pada integritas selama Pemilu 2024.

“Kami sangat optimistis TNI Polri netral dalam Pemiu 2024,” kata Ganjar di Jakarta, Jumat (8/12).

Baca Juga

Ganjar Sebut Pelaku Usaha Mitra Strategis Atasi Masalah Ekonomi

Disebutkan, netralitas TNI dan Polri berdampak siginifikan bagi kualitas demokrasi di Indonesia. Oleh karenanya, seluruh rakyat Indonesia tentu berperan untuk mengawasi netralitas TNI dan Polri.

“Sebagai institusi negara yang bertugas menjaga keamanan, ketertiban, pertahanan, dan kedaulatan negara, TNI dan Polri harus berdiri di atas kepentingan nasional,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menjelaskan, netralitas institusi dan seluruh anggota TNI dan Polri mutlak dibutuhkan demi menciptakan Pemilu yang damai.

Baca Juga

Ribuan Pengusaha 'Progresif' Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

“Selama pesta demokrasi, tugas utama TNI dan Polri adalah memastikan bahwa pemilu berjalan dengan aman, damai, dan adil tanpa intervensi politik kekuasaan. Sebagai institusi negara, TNI dan Polri harus berdiri di atas kepentingan nasional, bukan di atas kepentingan partai politik atau kelompok tertentu,” tuturnya.

Menurut Ganjar, peraturan perundang-undangan yang ada di Tanah Air telah menegaskan TNI dan Polri wajib netral. Bahkan, anggota TNI dan Polri dilarang ikut sebagai pelaksana dan tim kampanye, sebagaimana diatur dalam Pasal 280 ayat [3] UU Pemilu 7/2017.

TNI dan Polri dilarang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu, pelaksana dan tim kampanye sesuai Pasal 306 UU Pemilu dan Pasal 71 ayat (1) UU Pemilihan Nomor 10 Tahun 2016.

“Untuk bisa menjaga netralitas TNI dan Polri, bukan hanya komitmen setiap pribadi anggota TNI dan Polri, melainkan juga membutuhkan pengawasan dari mata rakyat,” pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Arsjad Rasjid: Ganjar-Mahfud Pemimpin Ekonomi, Paham Kesulitan Rakyat

#Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan