Ganjar Klaim Belanja Produk Dalam Negeri di Jawa Tengah Tembus Rp 2,7 Triliun

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 14 Juni 2022
Ganjar Klaim Belanja Produk Dalam Negeri di Jawa Tengah Tembus Rp 2,7 Triliun
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (MP/Ismail) Area lampiran

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat realisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) di Provinsi Jawa Tengah sudah mencapai Rp 2,7 triliun atau 98,26 persen.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, realisasi P3DN di Jawa Tengah cukup tinggi pada semester pertama ini. Dari data tersebut, sekitar 85,6 persen atau sekitar Rp 2,4 triliun dari capaian tersebut menggunakan produk dari UMKM.

Baca Juga:

Keunggulan Prabowo, Kelebihan Anies dan Dukungan Pada Ganjar Versi Pengamat Politik

"Perencanaan pengadaan barang dan jasa melalui penyedia barang-jasa di Provinsi Jawa Tangah nilainya kurang lebih Rp 4 triliun," kata Ganjar, Selasa (14/6).

Ia mengatakan, jumlah tersebut terdiri atas 23.967 paket barang dan jasa. Dari jumlah tersebut yang sudah divalidasi oleh pejabat pembuat komitmen senilai Rp 2,8 triliun dengan rincian 19.671 paket.

"Dari jumlah yang sudah divalidasi itu, ada Rp 2,7 triliun atau sekitar 98,26 persen telah menggunakan produk dalam negeri. Komitmen kita tidak buruk," kata dia.

Menurut Ganjar, komitmen tersebut cukup bagus. Kesuksesan program P3DN tersebut akan mendorong industri dalam negeri bergerak.

Baca Juga:

Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Melesat Pasca-Rakernas Projo

"Bagi saya ini menjadi terobosan yang dahsyat pemerintah," kata dia.

Ganjar setuju dengan afirmasi yang diberikan oleh Presiden Jokowi untuk menstimulus perekonomian dengan membeli produk dalam negeri.

Afirmasi tersebut langkah yang bagus untuk memberikan kesempatan membela dan menyerap produk dalam negeri lebih banyak sehingga perekonomian meningkat.

"Ini juga memberikan tantangan terhadap industri dalam negeri agar membuat produk yang berkualitas," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

Sentimen Positif pada Pemerintah Memperkuat Elektabilitas Ganjar

#Ganjar Pranowo #Joko Widodo #Jawa Tengah
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan