Ganjar Ajak 'Jokowi dan Prabowo' Rekonsiliasi Sambil Bagi-bagi Takjil di Pinggir Jalan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak kedua pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk segera melakukan rekonsiliasi nasional pasca Pemilu 2019.

Rekonsiliasi tersebut dilakukan dengan cara sederhana di Solo, Jawa Tengah. Yaitu dengan membagi-bagi takjil di Plaza Manahan pinggir Jalan Adi Sucipto, Jumat (31/5).

BACA JUGA: ICMI Optimis Kubu Jokowi Maupun Prabowo Lakukan Rekonsiliasi

Aksi damai tersebut melibatkan empat orang masing-masing mengenakan topeng bergambar wajah Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga.

Usai bagi-bagi takjil, keempat tokoh yang bertarung pada tanggal 17 April lalu ini berbuka besama makan roti dengan cara saling menyuapi.

Kedua pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersama-sama bagikan takjil dalam aksi solidaritas di Plaza Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5). (MP/Ismail)

Dalam aksi itu mereka juga membawa poster bertuliskan 'Indonesia Menanti Rekonsiliasi Putra-putra Terbaik Bangsa', 'Jangan lama-lama Berseteru Ayo Bersama Melanjutkan Membangun Bangsa' dan 'Indonesia Umat Cinta Damai'.

Koordinator aksi, Bagyo, mengungkapkan aksi ini diikuti sejumlah relawan kedua pasangan capres-cawapres. Bahkan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo ambil bagian dalam acara ini.

BACA JUGA: Sultan HB X Serukan Rekonsiliasi Seusai Pemilu

"Masing-masing pendukung saling berpelukan sembari meneriakan Persatuan Indonesia yang merupakan sila ke-3 dalam Pancasila. Kami sebagai warga tak ingin kedua pendukung terus berseteru. Mari kita kembali bersatu dalam bingkai NKRI," kata dia.

Ia berharap keempat tokoh terbaik bangsa itu untuk saling bertemu dan bersama-sama membangun bangsa Indonesia. Pemilu sudah usai dan sudah saatnya kembali bersatu," papar dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat aksi solidaritas untuk mengajak elit politik melakukan rekonsiliasi nasional di Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5). (MP/Ismail)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan apa yang ditunjukkan masyarakat ini sebagai bentuk keprihatinan kondisi bangsa pasca Pemilu. Ia pun menyarankan pada keempat tokoh yang bertarung di Pemilu 2019 agar segera bertemu dan menggelar rekonsiliasi nasional melibatkan semua elit politik.

"Mereka ini memberikan sebuah semangat untuk tokoh bangsa untuk berhenti berseteru. Para followers masing-masing pasangan calon juga harus dingin sehingga tidak ada perasaan melihat saudara seperti lawan politik yang tidak pernah selesai," kata Ganjar. (Ism)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH