Gangguan Pencernaan Ciri-ciri Awal Infeksi COVID-19

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 23 Maret 2020
Gangguan Pencernaan Ciri-ciri Awal Infeksi COVID-19
Virus corona (Foto: pixabay/iximus)

HINGGA kini pandemi virus corona baru atau COVID-19 belum juga mereda. Bahkan kasusnya terus menerus bertambah. Di Indonesia sendiri jumlah kasus sudah mencapai 579 dengan jumlah korban meninggal mencapai 49 orang dan korban sembuh sebanyak 30 orang.

Mudahnya orang tertular COVID-19 membuat banyak masyarakat merasa khawatir apakah dirinya sudah tertular atau belum. Terkait hal itu sejumlah penelitian baru menyebutkan ciri-ciri awal penderita infeksi COVID-19.

Baca juga:

'Social Distancing' dan 'Physical Distancing', Apa Bedanya?

Dilansir dari The Sun, sebuah studi terbaru yang di American Journal of Gastroenterology, menemukan kemungkinkan jika orang akan mengalami masalah pencernaan, seperti halnya sakit perut saat terinfeksi virus corona.

Ada ciri-ciri yang harud dikenali (Foto: pixabay/tumisu)
Ada ciri-ciri yang harud dikenali (Foto: pixabay/tumisu)

Sejumlah peneliti menganalisis data dari 204 pasien virus corona di Hubei, Tiongkok. Mereka menemukan 48,5 persen dari pasien yang datang ke rumah sakit, mengalami keluhan masalah penceraan, seperti diare, sakit perut serta mual.

Lantaran hal itulah para peneliti memperkirakan jika masalah pencernaan bisa menjadi gejala pertama yang muncul pada orang yang terinfeksi virus corona, sebelum gejala respirasi.

"Dalam studi ini, pasien virus corona dengan gejala penceraan memiliki hasil klinis ynag lebih buruk dan risiko kematian yang lebih tinggi, dibanding mereka yang tak memiliki gejala pencernaan," ucap Breenan M.R. Spiegel co-editor-in Chief American Journal of Gastroenterology.

Baca juga:

Ini yang Harus Diketahui Bumil Selama Pandemi COVID-19

"Hal itulah mengapa pentingnya memasukan gejala pencernaan seperti diare sebagai gejala awal terinfeksi COVID-19," lanjutnya.

Namun terlepas dari studi tersebut, kamu harus waspada terhadap gejala-gejala utama virus corona. Seperti batuk kering dan suhu badan tinggi akibat virus corona, yang menyerang paru-paru serta sistem pernapasan.

Sakit perut adalah ciri-ciri infeksi COVID-19 (Foto: pixabay/derneuemann)
Sakit perut adalah ciri-ciri infeksi COVID-19 (Foto: pixabay/derneuemann)

Sejumlah pasien kemunginan mengalami sakit dan nyeri, pilek, sakit tenggorokan, dan hidung terseumbat, namun itu biasanya ringan dan munculnya bertahap. Namun menurut Patrick Vallance, Chief Scientific Adviser, ada juga kemungkinan penularan yang tak menimbulkan gejala.

"Ada cukup banyak kemungkinan penularan di awal infeksi virus tersebut, walau hanya timbul gejala yang sangat ringan," ucap Vallance.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, jika sekitar satu dari enam orang yang terinfeksi COVID-19 menjadi sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Sedangkan Untuk para lansia yang memiliki penyakit darah tinggi, jantung atau diabetes, berisiko kondisinya akan sangat serius jika terinfeksi virus tersebut. (Ryn)

Baca juga:

Mumpung 'Libur' Traveling Karena Virus Corona, Yuk Bersihkan Koper

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan