Ganggu Anies Baswedan, ACTA Gugat Ombudsman Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) berenacana mendaftarkan gugatan Class Action terhadap Ombudsman RI yang dinilai diskriminatif dalam menangani laporan.

Koordinator ACTA Kris Ibnu menyatakan pendaftaran akan dilayangkan pekan depan.

"Pada hari Senin minggu depan, kami akan mendaftarkan gugatan Class Action terhadap Ombudsman Republik Indonesia ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata dia kepada awak media, Rabu (28/3).

Gugatan ini, kata Kris, dikarenakan sikap Ombudsman yang dinilai menerapkan standar ganda terkait laporan yang disampaikan masyarakat.

"Setidaknya ada dua kasus yang menjadi acuan kami untuk menjadi dasar argumentasi gugatan," ucap dia.

Pertama, laporan rekan kami Ali Lubis tertanggal 1 Maret 2018 soal dugaan maladministrasi terkait adanya pertemuan presiden dan petinggi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang disebutkan juga membahas pemenangan pilpres.

"Namun laporan tersebut nyaris ditolak Ombudsman dengan berbagai dalih seperti tidak adanya AD/ART organisasi ACTA dan lain-lain. Yang paling parah, Ombudsman mengolok-olok kami sebagai Pelapor dengan mengatakan ke media bahwa kami hanya curhat karena tidak menyebutkan identitas terlapor," kata dia.

Kedua, kasus dugaan maladministrasi penataan Tanah Abang.

"Tidak jelas siapa pelapor dalam kasus ini tapi Ombudsman bisa bergerak sangat cepat dan mengumumkan telah terjadi dugaan maladministrasi," imbuhnya.

Terkait hal itu, ACTA melihat Ombudsman begitu lamban dan terkesan berusaha menolak laporan kami, disisi lain Ombudsman bisa begitu agresif mengusut kasus Tanah Abang meski termasuk diskresi yang legal.

"Kami khawatir publik akan menilai Ombudsman hanya tajam terhadap pemerintah DKI Jakarta dan tumpul memeriksa laporan terkait Istana," pungkasnya. (Fdi)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH