Gangan Bahan Dasarnya dari Ikan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 18 November 2016
Gangan Bahan Dasarnya dari Ikan
Gangan, kuliner khas Belitung (Foto: facebook)

MerahPutih Kuliner - Ikan adalah bahan baku utama dari kuliner khas Belitung, Gangan. Dari beberapa jenis ikan untuk diolah menjadi gangan, ketarap dianggap yang paling cocok.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam memasak gangan antara lain lengkuas, kunyit, kumbek, bawang merah, cabai Belitong, terasi, dan asam kandis. Tentu saja, ikan ketarap berukuran besar yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian.

Kemudian, bumbu-bumbu ditumbuk halus dalam lumpang. Bumbu halus dan ikan dimasukkan ke panci berisi air untuk direbus.

Setelah air mendidih tinggal dimasukkan asam kandis yang terlebih dulu diencerkan menggunakan air. Terakhir, masukkan potongan ikan ketarap lalu tunggu hingga masak.

Ikan ketarap yang segar dan besar menjadi salah satu syarat menjaga mutu gangan. Meski tidak boleh dilupakan dalam proses penyajiannya, yakni harus tetap panas. Karena jenis ikannya adalah ikan karang jadi saat disajikan dalam kondisi hangat akan mengurangi rasa amis.

Gangan terdiri dari berbagai jenis seperti gangan bening, tumis, dan darat. Gangan bening dan tumis mempunyai kesamaan, yaitu menggunakan bahan dasar ikan laut. Hanya saja gangan bening direbus, sementara gangan tumis, ditumis dan agak kering.

Adapun gangan darat merupakan jenis gangan bagi wilayah dataran tinggi atau jauh dari laut. Hingga bahan dasarnya diganti dengan daging ayam atau sapi. Ciri khas gangan darat juga terdapat potongan ketela pohon (menggale) dan irisan pucuk daunnya.

Di Bangka, yang juga masuk dalam provinsi Babel, ada masakan yang mirip gangan, yakni Lempah Kuning. Namun, lain ladang lain belalang rasanya ya beda dengan gangan. (diy)

 

#Kuliner Khas Belitung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan