Ganesha, Arca Berwujud Teriomorfik Siap Dipamerkan di Eropa

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 12 Juli 2017
Ganesha, Arca Berwujud Teriomorfik Siap Dipamerkan di Eropa
Arca Ganesha dipamerkan di festival seni budaya Europalia 2017 pada 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018. (Foto: Pixabay)

Ganesha. Dewa yang digambarkan dalam wujud teriomorfik, berwujud manusia berkepala gajah. Sosok yang hadir dalam bentuk arca di Candi Banon, Magelang, Jawa Tengah itu rencananya akan dipamerkan di festival seni budaya bergengsi di Eropa, Europalia 2017, pada 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018.

"Arca Ganesha ini salah satu benda yang sangat diinginkan Europalia Internasional untuk dipamerkan di sana," kata anggota tim ahli maritim untuk Europalia, Singgih Trisulistiono, baru-baru ini di Jakarta.

Singgih menyebutkan arca Ganesha merupakan bentuk interaksi Indonesia dengan India. Ganesha dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, kesuburan dan penghancur segala rintangan.

Kehadiran arca Ganesha pada festival Europalia 2017 menggambarkan bahwa penduduk Indonesia telah lama terbuka dengan dunia luar. Festival Europalia 2017 dimeriahkan pula dengan pameran Archipel untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa budaya maritim Indonesia telah terbentuk ribuan tahun sebelum Masehi.

Benda-benda yang dipamerkan dibagi dalam empat periode, yaitu kuno, pramodern, awal modern dan modern. Anda yang tidak sempat menghadiri festival Europalia 2017 dapat melihat arca Ganesha di Candi Banon, Magelang.

Cari tahu keberadaan arca Ganesha di Indonesia pada artikel Peninggalan Hindu Di Pulau Panaitan Ujung Kulon.

#Candi Banon #Arca Ganesha
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan