Sandiaga Berharap Kedatangan Ozil Bisa Tingkatkan Wisata Olahraga Indonesia

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 25 Mei 2022
Sandiaga Berharap Kedatangan Ozil Bisa Tingkatkan Wisata Olahraga Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Mesut Ozil. Foto: ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas

MerahPutih.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut kedatangan Mesut Ozil di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (25/5).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengatakan, serius menggarap potensi wisata olahraga (sport tourism) Indonesia.

Ia menjabarkan sejumlah alasan mengapa wisata olahraga, khususnya sepakbola, dapat memajukan pariwisata Tanah Air.

"Menurut saya olahraga ini sudah termasuk lifestyle (gaya hidup) sebagian masyarakat Indonesia. Daya tarik pariwisata berbasis olahraga ini juga terus meningkat," terang Sandiaga Uno dalam konferensi pers bersama Mesut Ozil.

Ia menilai kedatangan mantan bintang Real Madrid dan Arsenal itu dapat membantu menggaungkan wisata olahraga, tak hanya di kancah nasional namun juga internasional.

Terbukti, kabar kedatangan Mesut Ozil ke Tanah Air telah menjadi headline di sejumlah media mainstream dan media sosial.

“Kita lihat pasar Timur Tengah dan Eropa ini terpresentasi dengan kolaborasi kita bersama Mesut Ozil. Nantinya kita akan mengenalkan produk ekraf ke pasar luar,” ujar pria penghobi olahlaga lari dan basket ini.

Menurut suami dari Nur Asia Uno ini, wisata berbasis olahraga sejatinya telah masuk dalam agenda utama Kemenparekraf sejak beberapa tahun terakhir.

Keseriusan Kemenparekraf menggarap wisata olahraga terlihat dari sejumlah event besar yang akan digelar dalam waktu dekat.

Salah satunya event bertaraf internasional, World Surf League di Banyuwangi, lalu diikuti event-event besar seperti marathon, renang, sepeda, dan masih banyak lagi.

"Wisata olahraga tersebut akan serius kita kembangkan. Karena saya yakin rekreasi berbasis olahraga akan lebih menjaring peminat yang lebih banyak," papar Sandi yang juga mantan Wagub DKI ini.

Sandi meyakini, wisata olahraga memiliki benang merah yang sangat menarik untuk dikembangkan lebih jauh seperti hubungan antara sport science dan sport industri.

Belum lagi fenomena e-sport yang semakin banyak digandrungi berbagai kalangan.

Selain itu, nantinya Kemenparekraf akan mempromosikan lima destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, Danau Toba, dan Mandilika untuk mendorong event olahraga berskala nasional dan internasional.

“Harapannya kebangkitan pariwisata dan bisa jadi tatanan baru sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” tutur Sandiaga (Knu)

#Breaking #Pemulihan Ekonomi #Sandiaga Uno #Mesut Ozil
Bagikan
Bagikan