Film

Gandeng Kawan Aktor, George Clooney Inisiasi Sekolah Film

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 23 Juni 2021
Gandeng Kawan Aktor, George Clooney Inisiasi Sekolah Film
George Clooney buks sekolah film. (foto: Instagram @_george.clooney.fanpage_)

ADA banyak pekerjaan di bidang perfilman di Hollywood. Namun, di saat yang sama, tak banyak tenaga terlatih untuk posisi itu. Terlebih ketika kebutuhan untuk diversifikasi 'warna' di industri film makin diinginkan.

Demi mewujudkan ideal itu, aktor George Clooney bersama Kerry Washington dan Don Cheadle bekerja sama dengan lembaga pendidikan Los Angeles mendirikan sebuah sekolah film. Sekolah itu akan membekali remaja dengan keterampilan di bidang perfilman, seperti sinematografi, pencahayaan, efek visual, dan pekerjaan lainnya di Hollywood.

Tujuan besar dari sekolah khusus ini ialah mendiversifikasi industri hiburan Hollywood dengan memberikan jalan untuk meraih pekerjaan dengan bayaran layak, tapi masih kurang jalur pendidikan formal.

BACA JUGA:

Intip George Clooney Membacakan Lirik Lagu BTS Dynamite Dengan Cara yang Dramatis

Sekolah itu yang akan dibuka pada 2022, menurut Clooney, membawa tujuan merefleksikan keberagaman di Amerika Serikat secara lebih baik. "Ini berarti membuat program sekolah yang mengajarkan anak muda tentang kamera, editing dan efek visual, sound, serta peluang karier lain di bidang ini," katanya dalam sebuah pernyataan dikutip CNA, Senin (21/6).

The Roybal School of Film and Television Production akan menjadi tuan rumah bagi program ini dalam Edward R Roybal Learning Center. Sekolah itu terletak dalam lingkungan dominan Latin di Distrik Westlake. Nantinya, para guru akan memiliki akses ke para profesional di industri perfilman Hollywood. Di saat yang sama, para siswa akan mendapat pelatihan parktik juga program akademik serta magang.

Clooney, Washington, Cheadle, Mindy Kaling, Eva Longoria, dan tiga produser lain yang duduk di dewan sekolah ini akan menanggung sekitar 20 persen bujet awal atau sekitar USD 7 juta. Demikian diungkapkan Pengawas Sekolah Distrik Los Angeles Austin Buetner kepada New York Times.

Industri perfilman Hollywood telah berusaha meningkatkan keterwakilan beragam ras baik di depan ataupun di belakang kamera sejak skandal #OscarSoWhite pada 2016. Usaha itu makin digencarkan setelah protes besar-besaran Black Lives Matter di tahun lalu. Protes itu membangkitkan debat mengenai isu rasialisme di institusi yang ada di 'Negeri Paman Sam'.

Rekan produser Clooney, Grant Heslov, mengatakan upaya untuk mempekerjakan perempuan dan mereka dengan kulit berwarna pada produksi film terhalang minimnya kandidat yang berkualifikasi. "Kau ingin kru yang lebih beragam. Namun, tak banyak tenaga terlatih di luar sana," kata Heslov kepada New York Times, Senin (21/6).

Inisiatif oleh Clooney ini mengikuti jejak produser rekaman Dr Dre dan Jimmy Iovine yang minggu lalu mengumumkan pembukaan sekolah khusus musik di Los Angeles Selatan. Tujuan sekolah yang dibuat Dre itu bukanlah menghasilkan musisi, melainkan mendorong anak-anak menjadi inovator, memulai bisnis mereka, hingga masuk ke dunia industri berteknologi tinggi.(Dwi)

#Film #George Clooney
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan