Gandeng Afifah Yusuf, Diskoria Rilis Lagu 'Pelangi Cinta' Diskoria berkolaborasi dengan Afifah Yusuf (Foto: istimewa)

SETELAH sukses ber bekolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo pada lagu Serenata Jiwa Lara, duo DJ Diskoria yang digawangi Merdi Leonardo dan Fadli Aat kembali merilis sebuah karya kolaborasi.

Kali ini Diskoria berkolaborasi dengan Afifah Yusuf, solois muda yang merupakan putri penyanyi legendaris Hetty Koes Endang.

Baca Juga:

Serenata Jiwa Lara, Single Anyar Kolaborasi Diskoria Bersama Dian Sastrowardoyo

Diskoria dan Afifah Yusuf mendaur ulang sebuah lagu Pelangi Cinta yang sempat dinyanyikan Hetty Koes Endang di era 80-an. Lagu tersebut dirilis di bawah naungan Suara Disko.

Kolaborasi kali ini bisa terjadi berawal dari sebuah unggahan Diskoria di Instagram Story. Dalam unggahan itu, mereka memutarkan piringan hitam lagu Hediek's Group, sebuah grup vokal pop lawas, yang salah satu anggotanya ialah Hetty Koes Endang.

Hal tersebut memantik pembicaraan tentang musik lebih jauh antara Diskoria dan Afifah. Rupanya tidak banyak orang yang mengetahui album itu.

Diskoria dan Afifah Yusuf mendaur ulang kembali lagu 'Pelangi Cinta' (Foto: istimewa)

Setelah obrolan panjang, dipililhlah lagu 'Pelangi Cinta' karena dirasa merupakan lagu yang tepat untuk di daur ulang oleh Diskoria dan Afifah Yusuf.

Lagu 'Pelangi Cinta' merupakan lagu ciptaan A. Riyanto dan dipopulerkan pertama kali oleh Jamal Mirdad pada tahun 1981. Satu tahun kemudian, barulah lagu itu dibawakan kembali oleh Hetty Koes Endang.

"Selain memiliki emosisonal touch untuk saya karena pernah dinyanyikan oleh sosok yang sangat inspiratif dari hidup saya, secara melodi dan keseluruhan konsep lagu itu sangat sesuai sebagai lagu perkenal dari projek kolaborasi bersama diskoria," tutur Afifah Yusuf seperti rilis yang diterima merahputih.com, Jumat (16/10).

"Lagu Pelangi Cinta ini ibarat permata, permata yang tersembunyi dan layak untuk kilaukan kembali," tambah Afifah.

Proses produksi single kali ini dilakukan oleh Diskoria sendiri dengan dibantu oleh Imam Buana Luthfi dan Pandji Dharma, dua musisi yang pernah tergabung dalam grup elektronik animalism.

Baca Juga:

Empat Tahun Berkarier di Industri Musik, Diskoria Rilis Single Perdana 'Balada Insan Muda'

Proses penggarapan lagu berjalan natural dan tak ada tekanan untuk perbedaan interpretasi pada lagu (Foto: Istimewa)

Dalam proses penggarapan, Diskoria dan Afifah mengatakan ada beberapa kejutan yang cukup menyenangkan, dan prosesnya cendrung berjalan natural.

"Selama proses penggarapan, semua berjalan cukup natural, ada kejutan yang menyenangkan yakni ketika take vokal lagu ini dihadiri oleh penyanyi aslinya langsung, Hetty Koes Endang, dan bisa dibilang tidak ada tekanan untuk perbedaan interpertasi akan lagu ini," ujar Diskoria.

"kita jadi lebih percaya diri karena tidak ada tekanan untuk perbedaan, satu hal yang menarik lagi, berdasarkan sudut pandang pria, maka untuk versis yang dinyanyikan perempuan kita ubah sedikit susunan liriknya agar terdengar lebih feminin," tambahnya.

Untuk lagu Pelangi Cinta, Diskoria dan Afifah Yusuf berharap karya kolaborasi terbaru mereka ini bisa menjadi perbendaharaan karya pop disko yang fresh di industri musik tanah air.

Selain itu, mereka juga berharap Pelangi Cinta bisa menjadi bukti tongkat estafet musik pop terdahulu, yang masih bisa dinikmati anak muda masa kini, dan tentunya sebagai lagu penyemangat di masa-masa seperti ini. (Ryn)

Baca Juga:

Suara Disko dan Diskoria Gelar Pesta Virtual 'Siar Suara Gelombang Maya'

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH