Ganas, Supercar Hidrogen ini Bisa Melaju Lebih dari 354 Kilometer per Jam Hyperion hadirkan supercar hidrogen XP-1 (Foto: Hyperion)

SUPERCAR Hidrogen XP-1 dari Hyperion, seharusnya telah terlihat di New York Auto Show. Namun sayangnya acara itu dibatalkan karena virus Corona.

Produsen mobil Hyperion telah mengungkapkan tampilan XP-1 nya melalui sebuah video singkat. Usai pengembangan selama bertahun-tahun, pihak produsen mengatakan 300 unit versi produksi akan dibuat mulai awal tahun 2022.

Baca Juga:

Tesla Luncurkan Layanan Wrapping Mobil Resmi untuk yang Ingin Tampil Beda

Mobil tersebut akan diperkuat dengan rangka titanium yang membungkus modul tenaga sel bahan bakar Proton Exchange Membrane (PEM).

Dikutip dari laman autocar, pabrikan mobil tersebut mengungkapkan, bahwa mobil ini memadukan teknologi hidrogen dengan penyimpanan supercapacitor untuk menyuplai tenaga dua motor elektirk. Hal tersebut memberikan kemampuan penggerak all-wheel drive.

Hyperion dibekali dengan teknologi canggih (Foto: Hyperion)

Supercapacitor merupakan sebuah perangkat penyimpanan listrik yang mempunyai kemampuan charging jauh lebih cepat dibanding baterai lithium-ion.

Sehingga membuat mobil ini mobil ini lebih efisien dalam menyediakan energi. Selain itu, ukurannya pun kecil dan punya bobot lebih ringan.

Pada bagian eksterior terdapat 'Air Blades' yang dipasang disamping mobil. Fungsinya tak hanya menghadirkan struktur aerodinamis aktif untuk membantu menikung dengna kecepatan tinggi, tapi juga terdapat panel surya yang posisinya bisa berubah untuk melacak matahari, seperti yang dilansir dari laman endgadget.

Baca Juga:

Tesla Banting Harga Model Y, Ini Penyebabnya

Pada sebuah pernyataan, CEO Hyperion, Angelo KAfantaris mengatakan "Ini hanyalah awal dari apa yang bisa dicapai dengan hidrogen sebagai media penyimpanan energi. Potensi bahan bakar ini tidak terbatas dan akan merevolusi sektor energi."

Untuk spesifikasi singkat, terdapat layar melengkung 98 inci di dalam mobil, pintu V-Wing dan dikabarkan mobil ini bisa menempuh jarak lebih dari 1.000 mil ketika bahan bakar terisi penuh. Menariknya, pengisian bahan bakar hingga penuh membutuhkan waktu kurang dari lima menit saja.

Hyperion XP-1 dikabarkan bisa melaju hingga kecepatan tertinggi lebih dari 354 km per jam (Foto: hyperion)

Perihal performa, mobil ini diklaim dapat melesat Akselerasi dari posisi nol ke 60 mil per jam hanya membutuhkan waktu 2,2 detik. Serta dapat melanjut dengan kecepatan tertinggi lebih dari 220 mil per jam atau 354 km per jam.

Tak hanya itu. Komponen penyimpanan mobil tersebut mampu berhadapan beragam kondisi ekstrem, baik panas maupun dingin.

Selain itu, saat dipaksa mengeluarkan performa dalam waktu tertentu, konerjanya juga tetap akan terjaga. Tak seperti mobil bertenaga baterai tradisional yang dapat mengalami overheat. Sebelumnya, teknologi itu sudah digunakan pada Sian FKP 37 besutan Lamborghini. (Ryn)

Baca Juga:

Mengintip Mobil Listrik Termurah di Dunia, Hanya Rp13 Juta

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH