Kuliner

Gampang Bikin Saus Salted Egg Sendiri di Rumah

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 30 September 2020
Gampang Bikin Saus Salted Egg Sendiri di Rumah
Saus salted egg jadi favorit banyak orang. (foto: FWD)

SAUS salted egg sudah populer sejak 2018. Rasa asin gurih saus satu ini bikin banyak orang ketagihan. Selain itu, saus salted egg rasanya pas aja dipasangkan dengan beraneka makanan. Mulai dari mi instan, ayam geprek, ayam katsu atau karage bisa banget pake saus ini.

Tak perlu ke kafe atau restoran untuk menikmati sajian saus telur asin. Kamu bisa membbuatnya sendiri di rumah. Keuntungannya, kalau bikin di rumah, kamu bisa atur kekentalan dan menghilangkan bau amisnnya.

BACA JUGA:

Hempaskan Patah Hati karena Cinta tak Berbalas

Tertantang untuk mencoba? yuk, coba resep sederhana buat bikin saus telur asin yang nagih dimulut. Siapkan dulu nih bahan-bahannya lalu ikuti langkah-langkahnya biar rasa saus yang dihasilkan memuaskan.

saus salted egg
Saus telur asin cocok buat berbagai makanan.( Foto: YouTube-The Grateful Lifestyle)

Bahan Wajib :

1. Kuning telur asin (beberapa butir)
2. Bawang putih
3. Daun kari
4. Lada Bubuk
5. Fresh milk/susu cair
6. Margarine

Opsional :

1. Cabai bubuk
2. Irisan cabai merah
3. Kaldu jamur
4. irisan daun bawang

Untuk membuatnya, pertama-tama sediakan piring yang berisi beberapa butir kuning telur asin. Ingat ya, yang kamu pakai hanya kuningnya ya. Setelah itu, hancurkan kuningnya perlahan menjadi kecil-kecil dengan sendok terlebih dahulu. Setelah kuning telur halus, kamu bisa ambil wadah berisi susu cair 150 ml-300 ml. Setelah itu, tuangkan susu cair tersebut dengan perlahan. Jangan sampai terlalu cair ya. Secukupnya saja. Saus ini akan lebih baik disajikan sedikit kental. Nanti ada minyak margarin yang akan membuatnya lebih lembut cair.

Langkah selanjutnya, sediakan panci dan tuangkan balok margarin ke dalamnya. Masukkan bawang putih cincang. Sabar sebentar ya. Setelah bawang menyatu dengan margarin, tuang campuran kuning telur dan susu cair tadi ke panci. Tipsnya nih, untuk kamu yang pemula, gunakan api kecil saat memasak. Proses ini memerlukan ketelitian di beberapa langkahnya.

salted egg
Rasa salted egg bikin nagih. (foto: Joshua Ryder-unsplash)

Saat aroma wangi telah tercium, itu artinya saus kamu sudah jadi. Biar lebih sedap, kamu bisa menambahkan helai daun kari. Untuk menyiasati bau amis kuning telur, kamu bisa menambahkan lada bubuk. Setelah itu, di bagian akhir proses masak, tuangkan lagi sekitar 200 ml susu cair. Jika ingin rasa pedas, kamu bisa juga tuangkan cabai bubuk dan irisan cabai merah pada saat meratakan adonan saus salted egg ini.

Angkat saus dari kompor. Tambahkan potongan irisan daun bawang biar saus makin harum. Saus telur asin ini bisa jadi pelengkap makan ayam katsu. Mudah kan?(Joe)

BACA JUGA:

Jajan Malam di Payakumbuh, Nikmati Martabak Mesir nan Sedap

#Kuliner #Resep
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan