Gamer dengan Pendapatan Tertinggi versi Forbes, Ada yang Sampai Rp234 Miliar! Salah satu gamer dengan penghasilan terbesar di dunia (Foto: instagram @ninja)

SAAT ini turnamen esports kian bergairah, hal itu lantaran sejumlah turnamen menawarkan hadiah dengan jumlah yang fantastis.

Namun bukan berarti atlet esports profesional yang telah menjuarai satu turnamen bisa disebut gamer berpendapatan tertinggi di tahun 2019.

Baca Juga:

Udil, 'Gamer' Sukses yang Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dilansir dari laman forbes, gamer berpenghasilan tertinggi jatuh kepada Tyler 'Ninja' Blevins. Tyler merupakan seorang gamer fornite yang sukses meraih penghasilan sekitar USD$17 juta atau sekitar Rp234 miliar pada tahun 2019.

Tyler 'Ninja' Blevins dinobatkan forbes sebagai gamer dengan penghasilan paling fantastis (Foto: instagram @ninja)

Namun gamer berusia 28 tahun tersebut, tak ikut berpartisipasi di turnamen Fortnite World Cup pertama yang berlangsung di New York, AS pada Juli 2019 lalu. Padahal turmane itu menawarkan hadiah yang fantastis, yakni senilai USD$3 juta atau sekitar Rp41 miliar.

Rupanya turmane esports bukanlah sumber pendapatan terbesar dari Tyler 'Ninja'. Dirinya mengandalkan jumlah followers besar di sejumlah platform dan endorsement untuk meraih pundi-pundi uang.

Baca Juga:

Soulworker Zero Siap Ramaikan Scene Mobile Game Indonesia

Belum lama ini, Ninja kabarnya telah digaet oleh Mixer, sebuah platform streaming milik Microsoft dari Twitch. Dalam hal ini belum ada informasi tentang berapa biaya yang dikeluarkan Microsoft untuk membajak Ninja, tapi kontrak tersebut diperkirakan besaraanya sekitar USD$30 juta atau Rp413 miliar.

Pada platform Mixer sendiri, Ninja memiliki 2,8 juta followers. Sementara di YouTube Ninja memiliki 22,7 juta subscriber dan di Instagram memiliki 14,9 juta follower.

Sumber penghasilan terbesar para gamers ternyata bukan dari turnamen (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Tak hanya itu, Ninja pun kerap muncul di iklan dan juga program televisi. Dia sukses mendapatkan endorsement dari Red Bull. Lalu setahun terakhir dia pun tampil di talkshow seperti The Daily show with Trevor Noah, The Tonight Show with Jimmy Fallon dan menjadi bintang tamu di The Masked Singer.

Gamers yang memiliki rambut berwarna biru itu, pun mempunyai merchandisenya sendiri. Dari mulai novel grafis, hingga headband yang ikonik, bisa kamu dapatkan di supermarket Amerika Serikat.

Adapun daftar 10 besar gamers dengan penghasilan tertinggi di 2019 versi Forbese. Dimana daftar tersebut dipenuhi oleh gamer yang merangkap sebagai YouTuber dan Influencer. Menariknya, dalam daftar gamer berpenghasilan tertinggi, tak satupun para juara turnamen esports yang masuk.

Dibawah Ninja, ada Felix Kjellberg alais PewDiePie yang menempati peringkat kedua dengan penghasilan senilai USD$15 juta atau sekitar Rp206 miliar.

Sementara itu di peringkat ketiga ada PReston Arsement dengan penghasilan USD$14 juta dolar atau sekitar Rp192 miliar. Peringkat keemapt diisi oleh Mark 'Markiplier' Fischbach dengan penghasilan yang sama yakni USD$14 juta. LAlu diperingkat kelima ada Michael Shroud Grzesiek dengan jumlah penghasilan senilai USD$12,5 atau sekitar Rp172 miliar. (Ryn)

Baca Juga:

Sukses Jadi Streamer Video Game, ini Tipsnya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH