Game 'Ace Force' Jiplak 'Overwatch', Mungkinkah Tencent Dituntut? Game Ace Force mejiplak Overwatch (Foto: One Esport)

TENCENT merupakan salah satu perusahaan paling ternama di industri pengembang video game saat ini. Perusahaan asal Tiongkok tersebut menjadi begitu tenar karena menjadi pengembang untuk beberapa game ternama. Termasuk game Arena of Valor dan PlayerUnknown Battleground's Mobile (PUBGM).

Dilansir dari laman GameRant, Tencent baru saja mengeluarkan game terbaru berjudul Ace Force. Game tersebut dirilis di bawah nama MoreFun yang merupakan anak perusahaan dari Tencent. Ace Force saat ini sudah dapat diunduh di iOS dan Android di Tiongkok.

Baca juga:

PUBG Mobile Kini Hadir Dalam Versi yang Lebih Ringan

Game 'Ace Force' Jiplak 'Overwatch', Mungkinkah Tencent Dituntut?
Konsep karakter kedua game tersebut serupa (Foto: AbacusNews)

Tak butuh waktu lama, Ace Force jadi salah satu video game terlaris di iOS App Store Negeri Tirai Bambu. Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh konsepnya yang mirip dengan game terlaris milik Blizzard Entertainment, Overwatch.

Baca juga:

Susul Pokémon Go, Developer Pokémon Umumkan 3 Aplikasi Game Baru

Jika dilihat secara seksama, konsep karakter dalam game Ace Force seakan mengikuti karakter Overwatch. Hal ini tentunya bisa jadi hal yang berbahaya bagi Tencent. Blizzard Entertaintment selama ini telah menuntut banyak pihak yang membuat penjiplak game Overwatch. Bisa jadi Tencent jadi target Blizzard selanjutnya.

Game 'Ace Force' Jiplak 'Overwatch', Mungkinkah Tencent Dituntut?
Versi Mobile dari game populer PUBG (Foto: Google Play Store/Tencent Games)

Untuk saat ini Blizzard nampaknya belum berencana untuk menuntut Tencent. Tidak hingga Tencent mulai mengambil keuntungan yang didapatkan dari Overwatch di Tiongkok. Namun apabila Ace Force dirasa mengancam keuntungan Blizzard, akan terjadi perdebatan di antara kedua pengembang game besar ini.

Hal ini juga bisa jadi dorongan bagi Blizzard untuk membuat Overwatch versi mobile. Banyak game PC populer yang membuat versi mobile untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Contohnya seperti PUBG Mobile dan Fortnite.

Kedua game tersebut sukses menambah popularitas game PC mereka, sekaligus menjangkau pasar baru. Tentunya hal tersebut sangat menarik untuk dicoba oleh Blizzard. (sep)

Baca juga:

Dari Jumlah Pemain Terbanyak hingga Kebiasaan Unik, ini Fakta Mobile Legends di Indonesia



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH