Gambang Rancag Kesenian Betawi Yang Punah

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 16 Februari 2016
Gambang Rancag  Kesenian Betawi Yang Punah
Gambang Rancag

Merahputih Budaya- Gambang Rancag, kesenian asli betawi berupa pantun berkait yang ditampilkan dalam bentuk nyayian bertutur diiringi orkes Gambang Kromong nyaris punah ditelan zaman.

Kesenian ini tidak lagi terlihat ditampilkan sejak beberapa dasawarsa terakhir. Bahkan, berdasarkan kutipan dari buku Map of Betewi's Cultural Art, 1986, disimpulkan tidak ada lagi group Gambang Rancag yang masih hidup.

Bisa saja Group Gambang kromong yang masih ada dan bisa memainkan Gambang Rancag. Hanya saja, secara khusus tidak ada lagi group Gambang Rancag yang masih eksis.

Sebab, ngerancag atau bertutur pantun yang diiringi musik gambang kromong bukanlah perkara mudah untuk ditampilkan, seorang perancag tidak hanya harus pintar dalam bernyanyi tapi juga harus pandai menyusun cerita yang akan ditampilkan. Biasanya, cerita yang ditampilkan merupakan cerita kepahlawanan tokoh pejuang Betawi atau cerita keagamaan yang mengandung makna nasehat bagi masyarakat banyak.

Kesenian yang kerap ditampilkan sejak pra kemerdekaan ini, nyaris hilang tanpa pewaris tergilas musik dan kesenian modern yang dinilai lebih menguntungkan. Tak banyak lagi tokoh kebudayaan Betawi yang bisa melakoni kesenian ini, kalau pun masih ada mereka sudah berusia lanjut dan rentak.

Menurut sejarah, kesenian tradisional yang telah ada sejak akhir abad 19 ini sangat kental pengaruh kebudayaan China dan Betawi. Hal itu terlihat dari sejumlah alat musik yang turut mengiringi Rancag. Bahkan dalam prosesi awal pembukaan sebelum pementasan, suguhan lagu tiongkok sangat lekat dengan Gambang Rancag.

Upaya untuk memunculkan kembali kesenian ini telah dilakukan berbagai pihak. Namun, kesulitan mencari generasi penerus kesenian tidak kunjung dijumpai. Putusnya garis keturunan seniman rancag yang menghubungkan dengan masa lalu sudah tidak ada. Gap sejarah rancag sangat lebar sehingga menghilangkan kekhasannya. (fdi)

BACA JUGA:

  1. Berburu Kuliner Betawi di Festival Lebak Bulus
  2. Dodol Legit Asli Betawi di Festival Lebak Bulus
  3. Palang Pintu, Kesenian Para Jawara Betawi Asli
  4. Akik Pandan Batu Khas Jawara Betawi
  5. Kenalin, Bang Lutfi Jagoan Silat Asli Betawi
#Kesenian Betawi #Budaya Betawi #Legenda Betawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan