Parenting

Gali Bakat Berbahasa Inggris Anak Secara Natural dengan Langkah Ini

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Senin, 21 Oktober 2019
Gali Bakat Berbahasa Inggris Anak Secara Natural dengan Langkah Ini
Ajarkan bahasa lain selain bahasa ibu. (Foto: Pexels/emma Bauso)

DUNIA digital mendukung perkembangan era globalisasi. Hal tersebut membuat Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua dimanapun, tak terkecuali Indonesia. Para orangtua mulai membiasakan anak-anaknya untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Berbagai upaya pun dilakukan mulai dari memasukkan anaknya ke sekolah berbasis internasional hingga memutar video-video berbahasa Inggris. Berikut cara lain untuk membuat anakmu mahir berbahasa Inggris secara natural:

Baca Juga:

Bisa Bahasa Jepang Bikin Kamu Gampang Cari Kerja

1. Jadi Teladan yang Baik Bagi Mereka

Bahasa inggris pada anak
Jadi teladan untuk anak (Foto: Pexels/Pixabay)

Anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang dewasa disekitarnya, termasuk bahasa. Menurut Dr. Henry Toi, penyusun konten dan kurikulum di Little Green House, bahasa dipelajari secara alami melalui akuisisi. "Jika mereka ditempatkan di lingkungan dengan bahasa Inggris baik lisan atau tulisan yang baik, mereka akan mengambilnya dengan benar. Jadi ucapkan kalimat yang benar secara tata bahasa," tutur Toi. Kalimat yang diucapkan tak perlu panjang dan rumit. Itu hanya perlu benar.

2. Hindari Berbicara Bahasa Bayi

Bahasa bayi
Hindari bahasa bayi (Foto: Pexels/Andy Kuzma)

Para orang tua cenderung menggunakan bahasa bayi yang tidak sempurna agar mereka memahami maksud ucapannya. Padahal tak harus demikian. Anak-anak lebih cakap daripada yang kita kira. Selama periode masa bayi, otak mereka berkembang paling cepat dan mulai terhubung dengan dunia di sekitar mereka. Biasakan berbicara dengan kalimat sempurna tanpa harus cadel.

3. Lakukan Percakapan Teratur dengan Mereka

Ajak anak mengobrol
Ajak anak mengobrol (Foto: Pexels/Albert Rafael)

Ajak si kecil bicara tentang hal-hal di sekitarnya. Dorong ia mengeksperikan pendapatnya tanpa memaksakan pendapatmu. Hindari terlalu banyak bicara daripada mendengar. Itu hanya akan membatasi percakapan dan membuat kosa kata tidak berkembang.

Baca Juga:

Kalimat Positif Berikut Ternyata Berbahaya Untuk Anak

4. Ekspos Anak dengan Bahasa Inggris

Bahasa inggris anak
Menyaksikan acara berbahasa Inggris di TV (Foto: Pixabay/mojzagrebinfo)

Gunakan berbagai media untuk memperkenalkan bahasa Inggris padanya. Kamu dapat menemukan bahasa Inggris yang dituturkan dengan baik melalui cerita audio. program anak-anak dan lain sebagainya. Jika mereka terpapar Bahasa Inggris dalam frekuensi yang tinggi, mereka akan dengan mudah beradaptasi.

5. Baca Berbagai Jenis Buku

Bahasa inggris anak
Cari buku dengan jenis beragam (Foto: Pexels/Lina Kivaka)

Buku yang bagus adalah gerbang menuju penulisan yang baik. Mengekspos anak dengan berbagai genre buku mendorongnya untuk mempelajari berbagai kosa kata, struktur kalimat dan gaya penulisan. (avia)

Baca Juga:

Pola Asuh Ini Justru Hancurkan Anak

#Parenting #Kelalaian Orang Tua #Anak-anak #Anak #Anak Pintar #Anak Berbakat
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan