Galeri Dewi Tara, Tak Sekadar Menjual Barang Antik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 18 September 2016
Galeri Dewi Tara, Tak Sekadar Menjual Barang Antik
Galeri Dewi Tara (Foto: MP/Fredy WP)

MerahPutih Budaya- Bila Anda menyusuri Jalan Prawirotaman, tepat di perempatan Jalan Prawirotaman-Jalan Parangtritis, Anda akan melihat sebuah galeri unik. Isinya berupa barang-barang antik.

Di depan gerai Anda akan melihat Galeri Dewi Tara. Begitulah nama galeri yang tampak mencolok di pinggir jalan tersebut.

Galeri Dewi Tara merupakan ruang bisnis sekaligus edukasi. Dalam bisnisnya, galeri ini menjual barang-barang antik. Semuanya dipastikan memiliki nilai sejarah. Sementara dalam edukasinya, galeri sengaja dibuka di kawasan ramai wisatawan asing untuk mengenalkan hasil budaya Nusantara kepada orang asing.

Salah satu koleksi benda antik dan bersejarah di Galeri Dewi Tara (Foto: MP/Fredi WP)

"Menjual barang-Barang antik tidak seperti menjual sembako. Dipajang langsung dibeli orang. Menjualnya juga tidak dari sisi keindahannya saja tapi juga nilai sejarah. Lingga misalnya, mengenalkan ke orang juga mengenalkan sejarah bahwa ada agama ini di sini. Ada juga lukisan dari Belanda. Barang-barang di sini ada nilai historinya," kata Retno (46), pengelola harian Galeri Dewi Tara, di Jalan Parangtritis No 62, Kota Yogyakarta, Kamis (15/9).

Sayuri Takahashi adalah pendiri galeri. Ia wanita asal Jepang yang telah lama di Indonesia, dan pernah memiliki suami asal Jawa. Sejak tahun 2009, Sayuri mendirikan Galeri Dewi Tara setelah lama berkecimpung di dunia bisnis dengan memiliki perusahaan besar.

Retno menjelaskan, Sayuri memilih jalan hidupnya yang tenang dengan mendirikan galeri. "Ibu sayuri pernah punya perusahaannya besar, tapi gak senang. Yang gini bisnis ada, kesenangan ada, mengakat seni budayanya ada kan asyik ya. Santai aja tapi senang. Sehari ada barang yang laku 100 ribu tapi menikmati, kan senang," paparnya. (Fre)

BACA JUGA:

  1. 7 Gunungan Gerebeg Besar Keraton Jadi Bahan Rebutan Warga Yogyakarta
  2. Besok, Keraton Yogyakarta Gelar Gerebeg Besar
  3. Ini Cita-Cita Rizky Kuncoro si Abdi Dalem Cilik Keraton Yogyakarta
  4. Rizky Kuncoro Manik, Abdi Dalem Termuda di Keraton Yogyakarta
  5. Ini Golongan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta

 

#Galeri Dewi Tara #Budaya Nusantara #Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan