Galaxy Z Fold 3 akan Mendukung Penggunaan S Pen Pro

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 14 Juli 2021
Galaxy Z Fold 3 akan Mendukung Penggunaan S Pen Pro
Galaxy Z Fold 3 akan mendukung Penggunaan Pen Pro. (Foto: The Verge/Samsung)

SETELAH banyak rumor, sepertinya ponsel lipat Samsung akhirnya akan mendapatkan dukungan untuk stylus S Pen. Sebuah pengajuan izin ke Komisi Komunikasi Federal (Federal Communication Commission / FCC) di AS untuk Samsung S Pen Pro, telah dipublikasikan.

Dilansir dari The Verge, Senin (12/7), selain pengajuan izin itu, juga terdapat satu dokumen yang mengungkapkan bahwa stylus itu akan dapat digunakan dengan Galaxy Z Fold 3 yang belum diumumkan secara resmi.

Baca juga:

Google Meet Rilis Fitur Baru, Begini Cara Pakainya

Samsung S Pen Pro sendiri merupakan, S Pen versi yang lebih besar dan memiliki konektivitas Bluetooth. Samsung telah mengumumkan S Pen Pro Januari.

Dan bukan hanya Z Fold 3, stylus model baru itu juga belum memiliki tanggal pasti perilisannya. Tetapi, kabarnya stylus akan diluncurkan tahun ini.

Dokumen pengajuan izin yang mencantumkan model ponsel yang dapat gunakan S Pen Pro. (Foto: The Verge/FCC)
Dokumen pengajuan izin yang mencantumkan model ponsel yang dapat gunakan S Pen Pro. (Foto: The Verge/FCC)

Tampaknya S Pen Pro akan mendukung penggunaan di S21 Ultra, jajaran Note 20, dan banyak lagi. Daftar lengkap perangkat apa saja yang akan bisa menggunakan S Pen Pro terdapat pada gambar di bawah ini:

Selama acara Unpacked tahun lalu, presiden ponsel Samsung TM Roh dalam sesi tanya jawab mengatakan bahwa perusahaannya senang mendengar pengguna ingin S Pen bekerja dengan ponsel lipatnya.

Samsung belum mengumumkan Galaxy Z Fold 3 secara resmi. (Foto: The Verge/Semsung)
Samsung belum mengumumkan Galaxy Z Fold 3 secara resmi. (Foto: The Verge/Semsung)

Dalam sebuah blog yang diunggah Desember 2020, ia mengatakan bahwa perusahaan sedang mencari cara untuk menghadirkan beberapa fitur yang paling disukai pengguna dari Galaxy Note di perangkat lain. Dan nampaknya dukungan stylus salah satu fitur favorit dari Galaxy Note yang akan diterapkan di perangkat laun.

Pada Januari 2021, Roh secara terbuka mengatakan bahwa perusahaannya tengah berencana untuk “memperluas pengalaman S Pen di seluruh kategori perangkat tambahan di masa depan.”

Sebuah bocoran informasi Galaxy Z Fold 3 beberapa waktu lalu, telah menunjukkan ponsel tersebut akan disertai dengan stylus. Render gambar ponsel yang dibagikan oleh pembocor terkenal, Evan Blass, menggambarkan seperti apa bentuk Galaxy Z Fold 3 dan dengan sebuah S Pen Fold Edition yang berada di sebelahnya. Mungkin Z Fold 3 akan datang dengan stylus Edisi Lipat di dalam kotak pembeliannya, sementara S Pen Pro akan dijual secara terpisah. (kna)

Baca juga:

WhatsApp Tengah Kembangkan Fitur Kirim Foto Berkualitas Tinggi

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan