Galau saat Hujan Ternyata Ada Penjelasannya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 23 November 2022
Galau saat Hujan Ternyata Ada Penjelasannya
Suasana hujan sering membuat orang merasa galau. (Foto: Pixabay/Pexels)

SEMUA orang pasti pernah memandangi rintik hujan yang turun di balik jendela. Suasana pun semakin syahdu sambil menikmati secangkir kopi atau teh dan tenggelam dalam kalutnya pikiran. Suasana hujan memang mampu membius semua orang untuk berhenti sejenak dari kegiatannya hanya untuk sekadar menikmati awan yang perlahan mulai menggelap sampai-sampai kenangan manis dengan si doi yang telah lama pergi muncul kembali.

Menurut healthline, sebenarnya bayangan wajah mantan yang tiba-tiba muncul ketika rintik hujan mulai turun bukan semata-mata akibat kamu belum move on loh. Memang benar suasana hujan yang romantis sering membangkitkan kenangan-kenangan tertentu.

Baca Juga:

Ternyata Warga Tiktok Senang Nangis Pas Hujan-Hujanan

Tubuh manusia membutuhkan sinar matahari agar bisa berfungsi secara optimal. (Foto: Pixabay/GuentherDillingen)

Kondisi cuaca sehari-hari mampu memengaruhi produksi hormon tertentu dan kerja organ dalam tubuh manusia, sehingga dalam kondisi tertentu kamu merasa lebih sedih daripada hari sebelumnya. Berikut beberapa faktor penyebab galau saat hujan secara ilmiah:

1. Dipengaruhi oleh suhu

Jika kamu sering tidak bisa mengendalikan perasaan sedih saat hujan mulai turun, sebaiknya kamu segera curhat kepada psikolog mengenai gejala tersebut. Karena ternyata gangguan mental seperti depresi memiliki banyak cabang salah satunya adalah depresi musiman.

Gangguan depresi musiman ini sering menyerang mereka yang memang sebelumnya memiliki trauma dalam hidup dan bisa muncul saat suasana hujan. Langit yang berubah menjadi gelap, tanah yang basah, serta suhu dingin yang menusuk mampu membuat penderita gangguan depresi musiman “kambuh” tiba-tiba.

Baca Juga:

Lagi Galau? Cara Ini Bikin Kamu Lebih Tenang

2. Kurangnya cahaya matahari

Orang yang sehat secara mental pun bisa tiba-tiba galau saat hujan. Menurut penjelasan ilmiah, kurangnya asupan sinar matahari akan menurunkan produksi hormon serotonin. Perlu diketahui, hormon serotonin berperan dalam menjaga kerja lambung dan usus serta mengendalikan mood seharian. Kalau kamu sering galau tanpa sebab, mending buru-buru berjemur di pagi hari deh.

Susana hujan bisa membuat seseorang mengingat sebuah kenangan. (Foto: Pixabay/Shlomaster)

3. Membangkitkan kenangan lama

Hampir sebagian orang pasti akan termenung menatap setiap tetes hujan yang turun. Saat pikiran kosong seperti ini lah kamu bisa tiba-tiba mengingat kenangan-kenangan lama yang manis maupun pahit. Kenangan menyebalkan dari sosok spesial yang pernah mengisi hati pun teringat pada momen ini. (mar)

Baca Juga:

Memori Masa Lalu Kerap Membuatmu Galau? Ini Cara Mudah Mengatasinya

#Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan