Galang Dana untuk Korban Gempa Sulteng, Para Mahasiswa di Jayapura Turun ke Jalan Para mahasiswa IAIN Fattahul Muluk, Jayapura (iain.papua.ac.id)

MerahPutih.Com - Puluhan mahasiswa dari Jayapura menggelar aksi solidaritas membantu para korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Para mahasiswa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk, Jayapura itu turun ke jalan untuk menggalang dana. Aksi galang dana itu berlangsung di pusat keramaian Kota Abepura tepatnya di lampu merah, depan Kantor Pos Abepura, Kota Jayapura, Senin (1/10) sore.

Tampak mahasiswa memegang kartu berdiri di sisi jalan lalu menyodorkan kartu itu kepada setiap pengguna kendaraan, dengan harapan ada kerelaan hati untuk menyumbang buat korban gempa-tsunami Sulawesi Tengah.

"Kami juga dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Jayapura, melaksanakan penggalangan dana untuk korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah," Ketua Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Anis Rofiatur Rohmah di sela-sela aksi galang dana itu.

Akis solidaritas mahasiswa dari Jayapura
Aksi solidaritas mahasiswa IAIN Fattahul Muluk, Jayapura (Foto: AntaraNews)

Anis mengatakan dana yang nantinya terkumpul dan setelah dihitung maka akan langsung ditransfer ke Palu guna membantu para korban di sana.

"Dana yang terkumpul kami kirim melalui rekening karena kami mahasiswa sehingga tidak mungkin berangkat ke Palu untuk serahkan," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya terdorong untuk melakukan aksi itu karena rasa saling peduli sesama, tapi saling menolong mereka yang tertimpa masalah.

"Kami memiliki rasa empati sekali karena di antara sahabat kami ini memiliki sudara yang ada di Palu," ujarnya.

Selain itu, tambah Anis Rofiatur Rohmah sebagaimana dilansir Antara, rasa ingin berbagi, ingin mengajak orang lain untuk mengeluarkan sedikit uangnya untuk membantu warga korban bencana alam Palu.

Pada Jumat (28/9) petang,gempa berkekuatan 7,5 skala Richter (versi USGS) atau magnitudo 7,4 versi BMKG itu berpusat di sepanjang pantai, sekitar 80 kilometer utara Kota Palu.

Kini, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendata jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami di Donggala-Palu Sulawesi Tengah sebanyak 1.203 orang.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Anies Bantah Sudah Terima Nama Calon Wagub DKI dari Gerindra dan PKS



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH