Enggak Cuma Rapi, Pentingnya Eye Contact pada Kesan Pertama Tinggalkan kesan pertama yang baik kepada siapapun (Foto: Pexels/mentatdgt)

MEMILIKI kesan pertama bagus gampang-gampang susah. Sebab, banyak faktor yang bisa membuat kamu terlihat menarik di mata orang lain untuk pertama kali. Kerapian dan kebersihan misalnya. Kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan. Orang rapi dan bersih dipastikan memiliki nilai tambah pada kesan pertama.

Membentuk kesan pertama yang baik amatlah penting. entah itu saat bertemu dengan rekan bisnis, atau wanita idaman kamu. Jangan sampai meninggalkan kesan pertama yang buruk. Bisa saja orang tersebut nantinya tidak menginginkan pertemuan kedua. Jangankan bertemu, mereka sangat berharap tidak pernah mengenal kamu.

Namun, kesan pertama bukan sekadar dilihat dari kerapian dan kebersihan penampilan kamu. Ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan seperti berikut ini.

1. Kebersihan

Kebersihan tetap jadi hal utama (Foto: Pexels/Scott Webb)

Tetap, kebersihan adalah hal paling utama. Penting sekali menjaga kebersihan kamu dalam segi berpakaian dan penampilan fisik. Karena itu, jangan lupa melakukan ritual grooming di pagi hari semisal bercukur kumis, sikat gigi, hingga membersihkan rambut. Tambahkan parfum sebagai pemanis lain penampilan bersih kamu.

Soal berpakaian, jangan sekali-kali mengenakan pakaian yang kusut. Permainan warna juga berpengaruh, gunakan warna pakain teduh seperti hijau, putih, dan krem. Kalau sudah tidak kusut perhatikan secara menyeluruh pakaian yang akan kamu kenakan. Jangan sampai ada noda sedikitpun kalau kamu tidak mau disebut jorok.

2. Jabat tangan

Menjabat tangan harus dengan tegas. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Sepertinya terlihat mudah. Tapi, pernahkah kamu berpikir apakah kamu sudah memiliki gaya berjabat tangan yang baik? Sebab berjabat tangan itu sebenarnya memiliki seni. Jadi begini, jangan pernah menjabat tangan orang lain terlalu kencang, ia akan merasa tidak nyaman. Sebaliknya jika terlalu lemah ia merasa kamu tidak percaya diri.

Cara berjabat tangan yang benar cukup mudah. Genggam tangan orang tersebut dengan tegas lalu ayunkan sebanyak dua kali. Setelah itu harus kamu lebih dulu yang melepas genggaman. Tanpa kamu sadari orang lain bisa menilai kamu langsung melalui cara menjabat tangan kamu.

3. Eye contact

Jangan melihat seperti menginterogasi. (Foto: Pexels/Pixabay)

Tampil bersih sudah, cara menjabat tangan juga sudah oke. Tapi kamu tidak memikirkan eye contact. Inilah hal yang hampir terlupakan. Sambil menjabat tangan tadi kamu harus melihat mata orang tersebut. Ingat ya bukan melihat wajah, tapi fokus langsung melihat mata.

Kontak mata ini juga dilakukan saat kamu melakukan percakapan dengan orang tersebut. Tapi saat melakukan kontak mata kamu juga harus santai. Kalau terlalu tajam melihat orang itu, ia akan merasa seperti diinterogasi. Ingat, kamu sedang membentuk kesan pertama yang baik, bukan mengorek informasi dari seorang penjahat. Jadi, biarkan saja mengalir.

Sahabat Merah Putih, membentuk kesan pertama adalah hal penting. Siapapun yang kamu temui, kamu harus bisa meninggalkan kesan yang baik kepada mereka. Jika ingin lebih yakin lagi tidak mengapa kalau kamu berlatih terlebih dulu. Intinya biasakan ya, selamat mencoba! (ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Ketika Kumis Memikat Hati Wanita

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH