Enggak Cuma Jago Nendang, Pesepakbola Ini Sangat Cerdas, Nomor 3 Setara Profesor Juan Mata bergelar jurnalistik (Foto: independent)

FISIK dan stamina tentu andalan nomor satu mereka. Ditambah skill memainkan bola, dari kemampuan dribel, passing, hingga shooting. Dengan latihan rutin, hal-hal tersebut sudah jadi makanan sehari-hari pesepakbola.

Dalam sepak bola, kemampuan akademis memang tidak diperlukan. Namun, siapa sangka pesepakbola ini rupanya memiliki kemampuan akademis tinggi. Mereka sangat cerdas. Bahkan IQ mereka ada yang tinggi hingga setara dengan ilmuwan atau seorang profesor.

Namun, mereka tetap memilih berkarier di atas lapangan hijau. Siapa saja nama-nama mereka? Berikut deretan pesepakbola cerdas.

1. Dennis Berkamp

Dennis Berkamp ialah sarjana Teknik Medis (Foto: football365)

Arsenal pernah punya penyerang haus gol berdarah Belanda. Dennis Berkamp berseragam The Gunners selama 11 musim. Pemain berjulukan The Flying Dutchman itu mengawali kariernya bersama akademi Ajax Amsterdam. Selain itu ia juga pernah membela klub raksasa Italia, Inter Milan. Di balik kesangarannya mengelabui kiper, rupanya Dennis ialah seorang sarjana Teknik Medis di Universitas Bath, Inggris.

2. Simon Mignolet

Mignolet menguasai empat bahasa (Foto: dailystar)

Tangan kiper yang satu ini lengket banget. Saat bermain bersama Sunderland ia mampu menciptakan 33 clean sheets selama dua musim. Sejak musim 2013 ia bermain untuk Liverpool. Tapi, pemain 30 tahun ini memiliki kemampuan akademis yang cukup fantastis. Ia mampu berbicara dengan empat bahasa, Belanda, Prancis, Jerman, dan Inggris. Ditambah, pemain Belgia itu menyandang gelar sarjana hukum dan ilmu politik. Wah bisa jadi politikus nih.

3. Frank Lampard

Kecerdasan Lampard setara profesor (Foto: givemesport)

Gelandang terbaik yang pernah dimiliki Chelsea ini diam-diam memiliki kecerdasan setara seorang profesor. Betapa tidak, Lampard memiliki IQ 150, hanya kalah 10 angka dari Albert Einstein yang memiliki IQ 160. Wajar saja ia disebut gelandang cerdas. Operan-operan cantiknya tidak jarang membantu rekannya mencetak gol. Satu lagi yang membuat Lampard hebat, ia memiliki 12 nilai ijazah dengan nilai A.

Baca juga: Anak Pesepakbola Ini Ikuti Jejak Sang Ayah, Ganteng Semua!

4. Yuto Nagatomo

Nagatomo telah menulis dua buku (Foto: ibtimes)

Kecerdasan orang Jepang tidak perlu dipertanyakan lagi. Sampai-sampai pesepakbola yang mereka miliki ketularan pintar. Seperti Yoto Nagatomo. Pemain Inter Milan ini ialah seorang penulis. Sudah dua buku yang ia tulis hingga saat ini. Tidak mengherankan jika otak Yuto ini encer, mengingat ia adalah seorang Sarjana Ekonomi di Universitas Doshisha, Jepang.

5. Juan Mata

Juan Mata menguasai sejumlah program studi (Foto: sportbible)

Penampilan Juan Mata bersama Manchester United selalu stabil. Pemain 30 tahun ini selalu tampil kalem tapi menghanyutkan. Tapi Mata sadar, sepakbola tidak boleh menghalangi keinginannya menimba ilmu akademis. Sejumlah program seperti gelar ilmu olahraga, pendidikan jasmani dan pemasaran telah ia kuasai. Ditambah, gelar jurnalistik dari Universitas di Madrid.

Bagaimana Sahabat Merah Putih, siapa pemain favorit kamu? (ikh)

Baca juga: Saudari Kandung Pesepakbola Ini Keterlaluan Cantiknya, Nomor 3 Bikin Hati Adem

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH